Focus Group Discussion (FGD) Wollongong University : Religion and the Constitution

  • Post category:News

Fakultas Hukum telah menjalin kerjasama dengan beberapa universitas di dalam negeri maupun di luar negeri, salah satunya dengan Universitas Wollongong Autralia. Salah satu bagian kerjasama antara Fakultas Hukum Universitas Brawijaya dan Universitas Wollongong di Australia diwujudkan dalam bentuk Short Course in Australia  2014 (SCA 2014).

Focus Group Discussion dan presentasi dari mahasiswa Australia dan mahasiswa Indonesia yang terpilih pada program exchange student termasuk dari rangkaian acara SCA 2014. Focus Group Discussion sesi pertama disampaikan oleh Dr. Nadirsyah Hosen PhD sebagai perwakilan dosen dari Universitas Wollongong Australia dan Muktiono SH. Mphil sebagai perwakilan dosen dari Universitas Brawijaya. Keduanya menjelaskan terkait isu agama dan konstitusi di negara masing-masing.

Diskusi berlanjut ke tahap kedua, dimana mahasiswa dari Universitas Wollongong dan Universitas Brawijaya juga menyampaikan pemikirannya dalam bentuk presentasi. Keempat mahasiswa yang tergabung dalam program SCA 2014 ini, yaitu, Rhys Woods (Australia), Madelaine Bow (Australia), Jordan Sebastian Meliala (Indonesia, dan Savira Dhanika Hardianti (Indonesia), menyampaikan kondisi kekinian dari sistem hukum yang ada di negara masing-masing dan diakhiri dengan diskusi.

Program SCA 2014 diharapkan dapat menjadi tonggak awal terjalinnya persahabatan antara mahasiswa Universitas Brawijaya dan mahasiswa Universitas Wollongong kedepannya. Medelaine juga menyatakan apresiasinya pada teman-teman Fakultas Hukum Universitas Brawijaya bahkan dengan menggunakan Bahasa Indonesia “Saya sangat berterimakasih atas kehadiran teman-teman dan juga keramahan orang-orang Indonesia sehingga saya merasa nyaman berada disini.” ujar Medelaine. (ea)