Field Trip Study: Belajar Melalui Alam

  • Post category:News

Demi terciptanya lingkungan belajar yang efektif tentu saja tidak hanya diwujudkan dengan sistem belajar formal di dalam kelas melainkan di luar kelas. Pada tanggal 16 – 18 Oktober 2014, mata kuliah hukum lingkungan kelas Internasional angkatan 2012 mengadakan field trip study ke Taman Nasional Baluran, Situbondo. Kegiatan ini ditujukan agar mahasiswa dapat memahami secara nyata tentang isu hukum lingkungan yang terjadi sehingga dapat aktif berpartipasi dalam pengelolaan taman nasional.

Muktiono, S.H., M.Phil. selaku pembimbing kegiatan ini menjelaskan bahwa untuk meningkatkan motivasi mahasiswa dalam penguasaan materi kuliah yang relatif dan kompleks serta merefleksikan aspek teoritis normatif dari mata kuliah hukum lingkungan dalam suatu implementasi praktis khususnya di wilayah konservasi sehingga mahasiswa mengetahui bagaimana mengadopsi metode teaching and learning  berstandar internasional.

“Pemahaman tentang persoalan nyata yang dihadapi oleh Balai Taman Nasional Baluran dalam hal konservasi sumber daya hayati diharapkan dapat memperkuat kemampuan mahasiswa dalam melakukan penelitian normative dan empiris ilmu hukum khususnya hukum lingkungan. Meningkatkan kemampuan soft skill mahasiswa dalam mengelola diri pribadi maupun keorganisasian terkait pelaksanaan tugas akademis dan lapang.” Tegas Yazid Bustomi selaku ketua pelaksanan kegiatan.

Selain itu, kegiatan ini bersifat wajib untuk mahasiswa hukum kelas bahasa inggris tahun 2012 guna memenuhi nilai terkait tugas – tugas mata kuliah hukum lingkungan.

By : Shofa Yulia & Ayu Bella