FHUB's Students Won 1st Place at SCSD Sharia Economic Learning Forum XII at Udayana University Bali

  • Post category:News

IMG_2247

Perjuangan 3 (tiga) mahasiswa FHUB mengikuti kegiatan Sharia Economic Learning Forum tak berakhir sia sia, delegasi dari FHUB sukses menyabet gelar “Best Paper 1st” dalam ajang tersebut. Kegiatan yang bertajuk “Student Conference on Sustainable Development (SCSD) Sharia Economic Learning Forum XII” diselenggarakan oleh Universitas Udayana Bali, pada 30 April – 1 Mei lalu.

Ketiga mahasiswa tersebut adalah; Andi Tanaka (2012), Rista Choirun (2013), dan Muhammad Abdul Hafid (2013). Paper mereka yang berjudul “Pembaharuan Sistem Tata Kelola Migas Melalui Three Elements of Legal Systems; Upaya Progresif Pemberntasan Korupsi di Indonesia” berhasil memukau dewan juri. Salah satu delegasi, Rista, menjelaskan bahwa tim mereka hanya memilki waktu 1 minggu untuk mempersiapkan ide dan full paper, “Kami hanya memiliki waktu 1-2 minggu untuk menyusun ide dan membuat full-paper, sehingga ini merupakan suatu hal yang sangat mengesankan ketika ti kami berhasil meraih predikat sebagai Best Paper” tegas Rista. Ia menambahkan bahwa selama penyusunan makalah tersebut, tim mereka dibimbing oleh dosen sekaligus pakar hukum tata negara FHUB, Dr. Indah Dwi Qurbani, SH, MH.

Terkait dengan mekanisme lomba, ada sekitar 35 tim dari berbagai universitas seluruh Indonesia yang ikut ambil bagian dalam kegiatan ini, kemudian dari 35 tim tersebut dibagi menjadi 5 chamber, sehingga praktis masing masing chamber terdiri dari 7 tim. Masing masing dari 5 chamber tersebut merepresentasikan cabang ilmu yang berbeda, yaitu; Kelautan, Hukum, Pariwisata, Industri Kreatif, dan Agrokompleks. Delegasi dari FHUB sendiri tergabung dalam chamber Hukum.

Selama babak preliminary di masing masing chamber, tim dari FHUB berhasil menjadi tim terbaik di chamber Hukum, sehingga berhak untuk melaju ke babak final yang terdiri dari 5 tim yang merupakan pemenang dari masing masing chamber. Di babak final lagi lagi tim dari FHUB berhasil meraih poin tertinggi dari dewan juri sehingga berhak atas predikat Best Paper 1st.