FHUB Memperingati Hari HAM se-Dunia ke-71

Dalam Rangka Memperingati Hari HAM se-Dunia ke-71, Pusat Pengembangan HAM dan Demokrasi FHUB Gelar Festival Akademik Peringatan Hari HAM se-Dunia ke-71 “Debating the Future of Human Rights” di LT 6 Gedung A FHUB, (2-6 Desember 2019).

Festival akademik terdiri dari serial kolokium, yang berlangsung di Ruang Sidang 1 LT 6 Gedung A FHUB (senin, 2 Desember 2019). Membahas mengenai rekonstruksi konsep kebebasan beragama atau berkeyakinan (KBB) di Indonesia, kemudian dilanjutkan dengan Radikalisme, ekstrimisme dan terorisme berdasarkan Hukum Internasional.

Selanjutnya 3 Desember 2019 membahas mengenai mempertanyakan kembali reforma agraria dan pengakuan hak masyarakat adat dalam perspektif HAM, serta problem dan solusi perlindungan, penghormatan dan pemajuan HAM kelompok rentan: perempuan, penyandang disabilitas, pengungsi dan masyarakat adat.

Selanjutnya 4 Desember 2019 membahas mengenai indonesia dan pelanggaran HAM masa lalu: kajian normatif dan politik, dan masa depan pemenuhan HAM dalam bisnis di Indonesia.

Pada 5 Desember 2019, membahas mengenai pemberantasan korupsi sebagai perlindungan HAM dan pendekatan HAM dalam penyelesaian masalah papua secara damai.

Pada 6 Desember 2019 acara diakhiri dengan seminar nasional di Auditorium LT 6 Gedung A FHUB. Acara dimoderatori oleh Muktiono S.H., M.Phil selaku akademisi FHUB turut hadir sebagai narasumber Romo Benny Susetyo selaku staf khusus ketua dewan pengarah BPIP menyampaikan materi mengenai pancasila dan HAM mencari format relasi ideal, Imam Prihandono S.H., LL.M., Ph.D selaku dosen FH UNAIR menyampaikan materi mengenai perlindungan hukum hak ekosob dalam dunia bisnis, Dr. Mohamad Anas, S.,Fil.l., M. Phil selaku Akademisi FISIP UB memberikan materi posisi dan peran institusi agama terhadap HAM dalam komunitas digital dunia, selanjutnya yaitu Arief Setiawan S.IP., M.PS Selaku Akademisi FISIP UB memberikan materi mengenai konstelasi politik global dan pengaruhnya pada penguatan HAM ditingkat lokal.

Di hari terakhir, acara juga terdiri dari pameran foto dengan tema kondisi HAM hari ini, yang diselenggarakan oleh PSIK FHUB bekerja sama dengan Manifest FHUB.(IRM)