FH UB Selenggarakan Seminar Nasional “Kriminalisasi Dalam Pelaksanaan Jabatan Notaris/PPAT”

  • Post category:News

Seminar Nasional dalam rangka memperingati Dies Natalies Fakultas Hukum UB ke 59 diselenggarakan pagi ini Rabu, 10 Agustus 2016. Seminar kali ini bertemakan “Kriminalisasi Dalam Pelaksanaan Jabatan Notaris/PPAT”. Bertempat di Ruanga Auditorium Lantai 6 Gedung A Fakultas Hukum UB, dimulai pukul 08.30 sampai dengan pukul 15.00 dengan jumlah peserta kurang lebih 200 orang.

Dengan dimoderatori oleh Dr. Nurini Aprilianda, SH., MHum pada sesi pertama dan Dr. Yuliati, SH., LLM. pada sesi kedua, seminar ini menghadirkan pembicara-pembicara yang berkompeten dibidangnya, antara lain Dr. Habib Adji, SH., MHum (Notaris dan Dosen Universitas Narotama Surabaya dan Magister Kenotariatan Fakultas Hukum Unair), AKBP Dr. Adang Oktori P., SH., MH. (Analis Bidkum Polda Jatim), Miftachul Machsun, SH (Ikatan Notaris Indonesia – Jatim), Tri Oky Rudianto, SE., MSi. (Dispenda Kota Malang), dan Dr. Bambang Sugiri, SH., MH. (Dosen Fakultas Hukum UB).

Dalam sambutan yang diberikan oleh Dekan Fakultas Hukum UB, Dr. Rachmad Safa’at, SH., MSi., beliau menyampaikan bahwa Pemilihan tema Seminar kali ini tentang “Kriminalisasi Dalam Pelaksanaan Jabatan Notaris/PPAT”  adalah sangat tepat, karena Notaris/PPAT sedang di landa kegelisahan dengan banyaknya Notaris yang dijadikan Saksi bahkan di naikkan menjadi Tersangka.
Namun kita harus mendudukkan secara profesional mana Notaris yang harus dilindungi mana yang tidak. Pada kasus yang lain seharusnya Notaris/PPAT menjadi penjaga gawang SDA di Indonesia. Bagaimana bisa SDA yang potensial dikuasai oleh asing dengan melakukan penyulundupan hukum atas nama  Perjanjian Nominee yang tentunya tidak dibenarkan.

Dengan adanya seminar ini beliau berharap semoga para Pihak Praktisi Kepolisian, Notaris/PPAT, Advocat serta Akademisi menemukan jalan keluar terhadap permasalahan Kriminalisasi Notaris. (HUMAS FH/Ylnd, Hmd)