FH UB Selenggarakan Kuliah Tamu terkait Sertifikat Laik Fungsi

  • Post category:News
You are currently viewing FH UB Selenggarakan Kuliah Tamu terkait Sertifikat Laik Fungsi

Untuk memberi pengetahuan kepada mahasiswa konsentrasi Hukum Administrasi Negara, Kamis, 27 April 2017 Fakultas Hukum UB menyelenggarakan Kuliah Tamu dengan tema “Persyaratan dan Prosedur mengurus Sertifikat Laik Fungsi”. Kuliah tamu yang diselenggarakan di Ruang Auditorium lantai 6 FH UB ini menghadirkan pemateri dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Malang, Sihabuddin, ST., MT.

Sertifikat Laik Fungsi (SLF) adalah sertifikat yang diterbitkan oleh pemerintah daerah untuk menyatakan kelaikan fungsi suatu bangunan gedung baik secara administratif maupun teknis sebelum pemanfaatannya. Peraturan daerah kota Malang tentang Bangunan gedung No. 1 Tahun 2012 Pasal 187 menyatakan bahwa bangunan gedung di kota malang wajib memiliki Sertifikat Laik Fungsi. Tujuan SLF adalah terwujudnya Bangunan Gedung yang andal, terpenuhinya persyaratan administratif dan teknis bangunan gedung, dan terwujudnya kepastian hukum.

Sahabuddin menjelaskan bahwa saat ini pelaksanaan perda Kota Malang Nomor 1 Tahun 2012 Tentang Bangunan Gedung dan Perwali No 16 Tahun 2014 Tentang Peyatanan SLF belum optimal, hal ini menurutnya karena kurangnya tingkat kesadaran masyarakat untuk mengurus SLF, kurangnya pemahaman masyarakat akan pentingnya SLF, kurangnya pemahaman masysrakat tentang tata cara pengurusan SLF, dan kemungkinan mereka sudah tahu, sudah mengerti, dan sudah paham tetapi malas mengurusnya. Padahal penting sekali mengurus SLF, karena apabila mereka menempati bangunan yang tidak layak fungsinya, akan timbul kekhawatiran akan aspek keandalan bangunan gedung.