FH UB Adakan “Clinical Legal Program” dengan University Of Newcastle

  • Post category:News

Fakultas Hukum UB bekerjasama dengan Law Faculty University of  Newcastle menyelenggarakan kegiatan Clinical Legal Program dengan Tema “Newcastle Enviromental Law Placement“. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari pada tanggal 23 – 24 Juli 2016 di ruang sidang III lantai 6 Gedung A FH UB. Kegiatan ini diikuti oleh delegasi dari University of Newcastle yang terdiri dari 2 orang dosen dan 20 orang mahasiswa, serta perwakilan dari mahasiswa FH UB.

Pada hari pertama kegiatan berisi pemberian materi oleh perwakilan PPHA (Pusat Pengembangan Hukum Agraria), Dr. Imam Koeswahyono, S.H.,M.H, yang memaparkan peran PPHA dalam penanganan kasus lingkungan khususnya di kota Malang. Kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke Omah Munir untuk mengetahui bagaimana bentuk-bentuk perjuangan HAM di Indonesia yang disampaikan oleh Ibu Suciwati.

Pada hari kedua kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi tentang Indonesian Legal System yang disampaikan oleh Dr. Ali Safa’at, SH, MH dan Indonesian Enviromental Law  yang disampaikan oleh Prof.Dr.I Nyoman Nurjaya, SH,MS. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi bersama guna membandingan bagaimana penerapan hukum khususnya hukum lingkungan di negara Indonesia dan Australia.

Pada penutupan acara tersebut Prof. Nyoman selaku ketua badan kerjasama Internasional menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini selain dapat menambah kerjasama antar fakultas hukum di negara lain juga dapat menambah pengetahuan tentang penrapan hukum di Indonesia serta dapat memberikan kesempatan bagi mahasiswa dan dosen untuk mengembangkan ilmunya melalui penelitian. (Niar)