Upacara Bendera Memperingati Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2017 Universitas Brawijaya

  • Post category:News
You are currently viewing Upacara Bendera Memperingati Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2017 Universitas Brawijaya
Berdasarkan isi surat Menteri Sekretariat Negara Republik Indonesia Nomor B-908/M. Sesneg/Set/TU.00.04/09/2017 pada tanggal 25 September 2017 perihal mengenai Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2017. Bahwa pada tanggal 1 Oktober 2017 setiap instansi / lembaga pemerintahan dianjurkan untuk melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Dimana biasanya pada tanggal 30 September 2017 masyarakat dianjurkan untuk memasang bendera setengah tiang yang menandakan bahwa ikut berkabung dalam tragedi yang dikenal dengan sebutan tragedi G-30S PKI. Semua masyarakat pastinya sudah mengetahui tentang sejarah G-30S PKI yang begitu tragis. Diharapkan dengan sejarah tersebut, masyarakat indonesia akan tergugah hatinya untuk semakin bersemangat berjuang bersama untuk tetap memperjuangkan dan menjaga keutuhan Pancasila di tanah air Indonesia ini.
Dalam mempersiapkan pelaksanaan upacara bendera yang dilaksanakan pada hari kedua Senin, 2 Oktober 2017, tentunya para panitia pelaksanaan upacara bendera peringatan Hari Kesaktian Pancasila telah mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan proses pelaksanaan kegiatan upacara diantaranya Pembacaan Teks Pancasila, Pembacaan Teks UUD 1945, Pembacaan Naskah Ikrar, Andhika Bhayangkari, Mengheningkan Cipta, dan ditutup dengan do’a. Kegiatan ini dihadiri oleh Senat Universitas/Guru Besar/Dekan/Wakil Dekan/Direktur Pascasarjana/Ketua Program/Ka. Biro/Ka. UPT. Tenaga Dosen/Administrasi.
Pada tahun 2017 ini tema Peringatan Hari Kesaktian Pancasila adalah “Kerja Bersama Berlandaskan Pancasila Mewujudkan Masyarakat yang Adil dan Makmur”.
Untuk membangun bangsa dan negara yang kita cintai ini, dibutuhkan kerja keras bersama berlandaskan Pancasila. Pancasila adalah sumber nilai jati diri bangsa sekaligus fondasi negara kita. Sebagai falsafah negara, Pancasila menjadi acuan kita dalam mewujudkan Indonesia yang adil, makmur, dan sejahtera. [Humas FHUB/Fhm]