Kurikulum (SIH)

banner-inside-10

Kurikulum yang berlaku di Fakultas Hukum Universitas Brawijaya disusun berpedoman pada:

  1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
  2. Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi;
  3. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi;
  4. Peraturan Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Nomor 50 Tahun 2018; dan
  5. Peraturan Fakultas Hukum Universitas Brawijaya Nomor 1 Tahun 2012 tentang Kurikulum dan Penyelenggaraan Pendidikan Program Studi Sarjana Ilmu Hukum.

Fakultas Hukum Universitas Brawijaya telah menetapkan kompetensi lulusan Program Studi Sarjana Ilmu Hukum, yaitu lulusan yang memiliki kemampuan:

  1. Memahami asas-asas hukum, norma hukum dan memiliki keterampilan dasar penelitian hukum.
  2. Menerapkan asas dan norma hukum dalam menangani masalah-masalah hukum secara profesional.
  3. Bersikap dan berperilaku humanis, etis, dan religius.

Beban Program Studi Sarjana Ilmu Hukum adalah 144-160 sks dengan lama studi 7-14 semester. Beban studi wajib minimal adalah 144 sks, sedangkan bagi mahasiswa yang ingin menempuh lebih dari itu disediakan mata kuliah pilihan dengan jumlah maksimal sampai dengan 160 sks.

Beban studi Sarjana Ilmu Hukum 144 sks terdiri dari mata kuliah wajib Program Studi sejumlah 128 sks yang meliputi mata kuliah wajib nasional, wajib universitas, dan wajib lokal, serta mata kuliah wajib konsentrasi. Mata kuliah konsentrasi mencerminkan arah minat khusus mahasiswa.

Mata kuliah wajib Program Studi dikelompokkan dalam lima macam mata kuliah sebagai berikut:

  • Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian 5 sks
  • Mata Kuliah Perilaku Berkarya 10 sks
  • Mata Kuliah Berkehidupan Bersama 12 sks
  • Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan Hukum 91 sks
  • Mata Kuliah Keahlian Berkarya 10 sks

Sedangkan mata kuliah wajib konsentrasi terdiri dari:

  • Mata Kuliah Wajib Konsentrasi 10 sks
  • Skripsi 6 sks

Selain Mata Kuliah Wajib Program Studi dan Wajib Konsentrasi, mahasiswa dapat memprogramkan Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi dan Mata Kuliah lintas konsentrasi.

Informasi lebih lanjut dapat dilihat pada Buku Pedoman Pendidikan dan Penulisan Program Studi Sarjana Ilmu Hukum Fakultas Hukum Univeristas Brawijaya, silakan klik di sini.