EM UB Adakan Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa (LKMM)

  • Post category:News

PSIKnews – Mahasiswa kerap dijuluki sebagai Iron Stock, Agent of Change maupun Social Control. Beberapa peran tersebut tentunya harus diarahkan agar menjadi sebuah potensi yang dapat memberikan kebaikan bagi sesamanya. Momentum inilah yang sedianya ingin disampaikan dalam sebuah forum Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa (LKMM) yang diselenggarakan oleh Eksekutif Mahasiswa Universitas Brawijaya (EM UB). Bertempat di ruang auditorium lt. 6 gedung A FH UB, agenda yang mengangkat tema “Pemimpin Teladan, Berdedikasi, Profesional dan Religius Sebagai Inspirator Pembangun Bangsa” ini diikuti oleh 100 peserta. Peserta terdiri dari perwakilan BEM Se-Universitas Brawijaya, perwakilan dari Universitas Brawijaya Kediri dan perwakilan staff EM UB sendiri.

Selama 2 hari (22-23/6), peserta mendapatkan materi yang beragam, mulai dari materi tentang leadership hingga manajemen aktualisasi diri. Di hari pertama (sabtu, 22/6) acara dimulai dengan stadium general, yang dibuka oleh Nana Azis, S.Ap., M.Ap., alumnus FIA UB. Kemudian dilanjutkan dengan materi terkait public speaking oleh Arif Fatkhurrahman. Untuk meningkatkan wawasan kelembagaan, diadakan pula kegiatan sharing eksekutif yang menghadirkan presiden EM/BEM dari Universitas Padjadjaran, Universitas Negeri Sebelas Maret dan Universitas Negeri Malang. Di sesi terkahir pada hari pertama, materi manajemen forum disampaikan oleh Sutasoma.

Pada hari kedua (minggu, 23/6), materi yang disampaikan berkaitan dengan manajemen SDM (Abdullah Mujahid), pergerakan mahasiswa (Amir Gunawan) dan manajemen isu & teknik lobbying (Dalu Tirom). Tujuan dari diselenggarakannya LKMM 2013 ini sendiri, seperti diungkapkan oleh Gema Perdana adalah untuk meningkatkan kemampuan SDM mahasiswa, menambah wawasan, mempererat tali persaudaraan dan juga untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan.

“LKMM ini sangat penting untuk mengarahkan potensi mahasiswa dan membekalinya menuju ke arah yang lebih positif. Kami tidak ingin melihat ada kejadian mahasiswa yang hanya bisa mengkritik tanpa bisa memberi solusi.” Ungkap Gema, ketua pelaksana LKMM, yang juga mahasiswa FH UB angkatan 2012.

Harapannya kedepan, akan terlahir generasi-generasi unggul yang dapat menciptakan peradaban madani. Dari hasil forum LKMM 2013 ini, rencananya akan dipilih 50 peserta terbaik yang akan mengikuti agenda selanjutnya. Sayangnya, pihak panitia masih merahasiakan kegiatan tersebut. “Nanti, tunggu saja tanggal mainnya.” Tutur Gema sambil tersenyum. (alfa)