Dosen Fakultas Hukum Universitas Brawijaya Mengikuti Konferensi Diplomasi Kebudayaan untuk Penyelesaian Konflik di Madrid, Spanyol

  • Post category:News

Salah satu dosen Fakultas Hukum Universitas Brawijaya, Muktiono, SH. M.Phil, berkesempatan mengikuti konferensi internasional “The Madrid Symposium on Peace Building & Conflict Resolution: The Promotion of World Peace through Inter-Faith Dialogue & Global Political Discourse” pada tanggal 15-17 Juli 2017 bertempat di Universidad Antonio de Nebrija, Madrid, Spanyol. Dalam kesempatan tersebut, beliau berkontribusi secara aktif dengan menyampaikan Paper yang berjudul “From Local Forum toward Global Peace: Institutionalizing Peace and Conflict at Local Level in Indonesia”.

Konferensi tersebut bertujuan untuk membagi pengalaman dan pengetahuan dari lintas negara dan profesi tentang bagaimana mewujudkan perdamaian dunia melalui penyelesaian konflik yang menggunakan pendekatan kebudayaan dan non-kekerasan. Dari Indonesia hadir beberapa peserta yang lainnya seperti cendekiawan muslim dan mantan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Dr. Azyumardi Azra; Duta Besar Indonesia untuk Spanyol  Yuli Mumpuni Widarso; Wakil Ketua DPD RI Dr. Laode Ida; dan Anggota DPD RI Tellie Gozelie, SE. Forum tersebut juga dihadiri oleh mantan Perdana Menteri Spanyol Jose Luis Rodriguez Zapatero, dan beberapa duta besar seperti dari Palestina, Macedonia, Albania, dan Malta. Selain itu, hadir juga beberapa professor yang membahas tentang Diplomasi kebudayaan antara Islam dengan Spanyol, Polarisasi agama dan konflik sipil, Era baru dialog antar-agama, Konteks dialog transkultur dan penyelesaian konflik, Respon kemanusiaan terhadap konflik, Kebebasan beragama dan penyelesaian konflik, Ekonomi dan penyelesaian konflik, dan lain sebagainya.

Keikutsertaan akademisi Fakultas Hukum Universitas Brawijaya tersebut selain untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman juga dalam rangka mendorong peningkatan publikasi ilmiah dalam jurnal internasional sebagai hasil dari penelitian dan forum ilmiah. Kegiatan tersebut dibiayai oleh Program Hibah Kompetisi (PHK) Fakultas Hukum Universitas Brawijaya tahun anggaran 2014.