Diskusi Mengenai Urgensi Kodifikasi Hukum Elektronik dalam Pemanfaatan Capaian Pembelajaran Fakultas Hukum

Telah diselenggarakan diskusi tentang urgensi kodifikasi hukum elektronik dalam pemanfaatan capaian pembelajaran fakultas hukum di Laboratorium Contract Drafting LT 6 Gedung C FHUB (Rabu 23/10/2019).

Acara dimoderatori oleh Zairul Alam S.H., M.H selaku akademisi FHUB, turut hadir sebagai narasumber Dr. Edmon Makarim, S.Kom., S.H., LL.M. selaku Dekan Fakultas Hukum Universitas Indonesia sekaligus Associate Professor Of Telematics Law, FHUI. Pada diskusi ini beliau memaparkan materi mengenai konstitusi vs internet, computerized legal research, transformation legal services, artificial intelligence in law, belum adanya sistem kodifikasi untuk mewujudkan terciptanya algoritma hukum nasional, beliau juga menjelaskan mengenai e-codification and legal information system, a collaboration system (e-CLIS.id) sebagaimana sistem website e-CLIS dapat memudahkan untuk memperoleh informasi hukum, dalam sistem ini terkait kodifikasi,kompilasi, analisis, evaluasi, sinkronisasi, harmonisasi hukum dan regulasi, baik nasional regional, dan internasional.

Sistem e-CLIS sangat efektif dan efisien untuk mencari informasi hukum, dengan mengetik satu kata kunci misalnya konsumen maka di sistem pencarian tersebut akan muncul berbagai peraturan yang membahas mengenai konsumen dan disebutkan dalam aturan tersebut jumlah pasal yang mengatur mengenai konsumen yang dapat langsung di klik pasal tersebut pada sistem e-CLIS. Pada sistem e-CLIS juga adanya data terkait Undang-Undang yang diubah, disebutkan point yang diubah pada Undang-Undang lama dan Undang-Undang yang baru serta masih banyak fitur lainnya pada e-CLIS.

Harapannya e-CLIS dapat berkolaborasi dengan multi stakeholders guna mendukung dan mengembangkan sistem e-CLIS, seluruh perguruan tinggi pada wilayah satu Provinsi dikordinasi dengan satu Perguruan Tinggi Negeri untuk mengkoordinir sistem e-CLIS , Kemudian diskusi diakhiri dengan sesi tanya jawab. (IRM)