Disertasi Rifqi : Pembentukan Parpol Lokal di NKRI

  • Post category:News

diser rifqi

PSIKnews – Otonomi daerah telah memberikan kebebasan seluas-luasnya bagi daerah untuk mengembangkan potensinya masing-masing. Terlebih, dalam konsep negara hukum, negara menjamin terjadinya proses pembagian kekuasaan (distribution of power0). Namun, prinsip pembagian kekuasaan dan otonomi daerah ini nampaknya tidak diaplikasikan dalam pembentuka partai politik, yang notabene berperan sebagai alat penentu kekuasaan.

Kondisi ini dirasa sangat perlu untuk segera dicarikan solusi bersama. Untuk menindaklanjuti hal tersebut, M. Rifqinizamy Karsayuda, SH., L.LM, mengangkat sebuah tema ‘Pembentukan Partai Politik Lokal di Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam Perspektif Yuridis Konstitusional” sebagai bahan disertasi. Di hadapan majelis penguji, Rifqi mencoba mempertahankan hasil penelitiannya.

Sidang ujian disertasi terbuka digelar di ruang Auditorium lt. VI gd. A Fakultas Hukum Universitas Brawijaya (22/11). Prof. Dr. Sudarsono, SH., MS., bertindak sebagai promotor, yang di dampingi oleh Prof. Dr. Isrok, SH., MS dan Dr. Muchammad Ali Safa’at, SH., MH selaku ko-promotor. Rifqi berhasil mempertahankan hasil penelitiannya dan berhak menyandang gelar doktor ilmu hukum dengan predikat cumlaude.

Dalam penelitiannya, Rifqi memberikan rekomendasi terkait pentingnya memahami bahwa seharusnya UU Parpol dan UU Pemilu bersifat majemuk, yang menunjang nilai institusionalisasi asimetris. Selain itu, Rifqy juga menyarankan untuk melakukan revisi terhadap UU Parpol, UU Pemilu Legislatif serta UU Pemda. (alfa)