Dissertation of Maemunah : Law Protection of Street Children

  • Post category:News

disertasi maemunah

PSIKnews – Jumlah anak jalanan yang ada semakin bertambah dari tahun ke tahun. Keberadaan mereka setidaknya telah mengusik nilai-nilai keadilan dan perlindungan yang seharusnya diperankan oleh Negara. Padahal, dalam alinea ke-4 UUD NRI 1945 telah secara gamblang dijelaskan tentang fungsi perlindungan yang ditanggung oleh Negara.

Semakin banyaknya jumlah anak jalanan yang ada, mengindikasikan bahwa negara telah mengabaikan konsep perlindungan bagi mereka. Kondisi ini dirasa sangat perlu untuk segera dicarikan solusi bersama. Untuk menindaklanjuti hal tersebut, Maemunah, S.Pd., MH,, mengangkat sebuah tema ‘Perlindungan Hukum Bagi Anak Jalanan (Kajian dari Perspektif Hak Asasi Manusia)” sebagai bahan disertasi.

Sidang ujian disertasi terbuka digelar di ruang Auditorium lt. VI Gedung. A Fakultas Hukum Universitas Brawijaya (20/12). Prof. Dr. Sudarsono, SH., MS., bertindak sebagai promotor, yang di dampingi oleh Prof. Dr. Lalu Husni, SH., MS dan Dr. Mohammad Ridwan, SH., MS., selaku ko-promotor.

Dalam penelitiannya, Maemunah merekomendasikan agar segera dibuatkan Peraturan Pemerintah yang substansinya mengatur tentang waktu kerja dan tempat kerja bagi anak jalanan dengan mengacu pada pasal 59 Undang-Undang nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak. Selain itu, penting juga untuk membuat Perda regulasi anak jalanan, pembuatan mekanisme perlindungan anak jalanan secara terpadu serta penegakan hukum yang komprehensif. (alfa)