(Indonesia) Disertasi Ketut: Eksistensi Komisi Pemilihan Umum dalam Sistem Pemilihan Umum di Indonesia

  • Post category:News

PSIKnews – Demokrasi mengharuskan adanya sebuah pemilihan anggota legislatif maupun eksekutif secara adil, transparan dan menjunjung tinggi nilai-nilai kedaulatan rakyat. Untuk menunjang sistem pemilihan tersebut, maka di Indonesia dibentuklah sebuah lembaga bernama Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang bertugas untuk menyelenggarakan pemilu. Akan tetapi, banyak peristiwa selama pemilu yang mencerminkan ketidakmampuan KPU dalam menyelenggarakan pesta demokrasi di Indonesia. Kekacauan tersebut timbul sebelum, saat dan pasca pemilu.

Beberapa pertanyaan kemudian muncul diantaranya terkait eksistensi KPU dalam penyelenggaraan pemilu jika ditinjau dari amanat UUD 1945 dan aturan pelaksanaannya, serta upaya KPU dalam mewujudkan terciptanya kedaulatan rakyat dan pemerintahan yang demokratis. Beberapa poin rumusan masalah tersebut kemudian diangkat oleh I Ketut Sukowati Lanang P Perbawa, S.H., M.Hum., sebagai bahan penelitian dalam disertasi yang berjudul “Eksistensi Komisi Pemilihan Umum dalam Sistem Pemilihan Umum di Indonesia.”

Bertempat di ruang Auditorium lt. 6 Gedung A Fakultas Hukum Universitas Brawijaya (Sabtu, 24/8), sidang ujian disertasi terbuka berlangsung selama 2 jam (10.00 – 12.00 WIB). Duduk sebagai majlis penguji, Prof. Dr. Sudarsono, S.H., M.S., selaku promotor, didampingi oleh ko-promotor Prof. Dr. I Dewa Gede Atmadja, S.H., M.S., dan Dr. Jazim Hamidi, S.H., M.H. Selain itu, hadir juga sebagai penguji yaitu Prof. Dr. Isrok, S.H., M.S., Prof. Dr. Mukti Fadjar, S.H., M.H., Dr. Muhammad Ridwan, S.H., M.S., dan seorang penguji tamu dari Universitas Negeri Malang, Prof. Dr. Sukowiyono, S.H., M.H.

Dalam penelitiannya, beliau merekomendasikan untuk melakukan amandemen terhadap Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2011 Tentang Penyelenggara Pemilu (legal reform) yang berkaitan dengan kelembagaan, tugas, fungsi dan kewenangannya. Tak hanya itu saja, KPU juga diharuskan melakukan reformasi kelembagan dengan mengupgrade kualitas SDM dan meningkatkan fasilitas penunjang. (alfa)