Discussion of Civil Law: “Improving the Quality of Thesis Writing of Civil Law”

  • Post category:News

Diskusi hk Perdata

Selama ini tugas akhir dikalangan mahasiswa hanya berbentuk skripsi padahal ada bentuk lain adalah Legal Memorandum, untuk itu perlu disosialisasikan kepada mahasiswa dan dosen tentang penulisan Legal Memorandum. Demikian arahan yang disampaikan oleh Ketua Bagian Hukum Perdata, Dr. Budi Santoso, SH., LLM., dalam sambutan yang diberikan dalam kegiatan Diskusi Bagian Hukum Perdata ke IV Fakultas Hukum UB, Kamis, 27 Oktober 2016.

Pada sesi pertama tentang pemaparan yang disampaikan oleh narasumber pertama, Prof. Dr. Bakri SH.,MH adalah beliau menekankan kepada pentingnya menjaga kualitas skripsi dibagian hukum perdata. Narasumber yang kedua, Zairul Alam SH., MH., adalah beliau memberikan pemahaman bahwa ada 3 problem yang berkaitan dengan tugas akhir (1) masalah pada mahasiswa, (2) Supervisor/Dosen Pembimbing, (3) Administrasi. Lalu dilanjutkan dengan sesi kedua yaitu tanya jawab.

Adapun hasil dari diskusi ini akan ditindak lanjuti dengan (1) Menyelenggarakan workshop pemilihan isu hukum dan cara pembimbingan. Perlu adanya standar pada halaman, kartu bimbinganm jumlah referensi dan jurnal yang bertindak sebagai evaluasi pada Ketua Bagian (2) Akan dilaksanakan Workshop KKNI khusus untuk bagian Hukum Perdata (3) Studi banding penyelarasan mata kuliah hukum keperdataan di Universitas Gadjahmada.