Diklat Penulisan Naskah Reportase Bagi Crew UB TV

  • Post category:News

PSIKnews – Seorang awak media tak hanya harus bisa membawakan acara dengan baik, tapi ia juga harus memiliki kemampuan dasar, seperti menulis naskah reportase. Kondisi inilah yang mengharuskan para crew UB TV untuk belajar dan mendalami teknik-teknik menulis naskah reportase yang baik dan menarik.
Bertempat di ruang serbaguna lt. 7 gedung A FISIP UB, para crew UB TV mendapatkan materi pembekalan mengenai teknik penulisan naskah reportase. Pada hari pertama, (Jum’at, 26/7), peserta memperoleh materi mengenai penyusunan naskah reportase dalam struktur berita, baik melalui metode piramida terbalik maupun piramida tegak. Di hari kedua (Sabtu, 27/7), peserta diharuskan mempraktekkan langsung teori-teori yang telah diajarkan sehari sebelumnya. Pesreta terjun langsung ke lapangan dan melakukan reportase on the spot.
“Sangat menarik. Kami semua mendapatkan materi yang tidak pernah kami dapatkan selama duduk di bangku perkuliahan. Saya pikir, menjadi seorang reporter itu sulit, tapi setelah tau trik-triknya, its very easy.” Ujar Sholahuddin Al-Fatih, reporter UB TV kontributor FH.
UB TV sendiri telah melakukan beberapa kali pelatihan dan pembekalan. Seminggu sebelumnya, UB TV melakukan pembekalan bagi kameramen dan video editor bagi kontributor fakultas. Rencananya, UB TV akan dilaunching pada tanggal 24 Agustus mendatang. (alfa)