Bebas Plagiasi di lingkungan Fakultas Hukum

  • Post category:News
plagiarism Mengikuti SK Rektor Universitas Brawijaya yang merupakan tindak lanjut dari SK Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia (Mendiknas) No. 17 tahun 2010 mengenai Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat di Perguruan Tinggi, setiap karya ilmiah mahasiswa program Magister dan Doktor di Fakultas Hukum wajib melampirkan surat pernyataan bebas plagiasi. Jika selama ini mahasiswa melakukan pemeriksaan plagiasi di Program Pascasarjana Universitas Brawijaya, kali ini mahasiswa bisa melakukan pemeriksaan plagiasi di fakultas.
Hal ini karena Fakultas hukum ikut mengembangkan sistem dan membentuk Tim Komisi Etik Penulisan dan Pelaksana Deteksi Plagiasi Fakultas Hukum. Dengan tingkat kesamaan dibawah 20%, mahasiwa sudah bisa mendapatkan Surat Keterangan Deteksi Plagiasi, dan memenuhi syarat untuk tahapan selanjutnya sesuai ketentuan yang berlaku.

Untuk memudahkan pelaksanaan pemeriksaan plagiasi, Tim Pelaksana deteksi Plagiasi Fakultas Hukum menyediakan 1 (satu) buah komputer yang sudah terinstal program Plagiarism Detector, sehingga mahasiswa dapat memeriksa sendiri dokumennya sebelum diserahkan untuk mendapatkan Surat Keterangan Deteksi Plagiasi.