Departemen Hukum Internasional FHUB menyelenggarakan Talkshow Hukum bertopik “Kontroversi Tidak Dipulangkan WNI Eks- ISIS” Perspektif HAM Vs National Security

Departemen Hukum Internasional Fakultas Hukum Universitas Brawijaya (FHUB) menyelenggarakan Talkshow Hukum bertemakan Kontroversi tidak dipulangkan WNI Eks- ISIS” dalam perspektif HAM vs perspektif Humaniter. Acara diselenggarakan di Auditorium lantai 6 Gedung A FHUB pada Rabu, 19 Februari 2020.

Talkshow Hukum ini dipandu oleh Fransiska Susanto, SH., LL.M selaku moderator acara dan dihadiri oleh beberapa pembicara diantaranaya, Hendra Kurnia Putra, SH., MH, yang merupakan Kasi Penyiapan Konsepsi Peraturan Perundang-Undangan Kementrian Hukum dan HAM serta alumni FHUB, Ikaningtyas, SH., LL.M selaku peneliti Hukum Humaniter dan akademisi FHUB, Milda Istiqomah, SH., MTCP selaku peneliti Hukum Pidana dan Terorisme serta Ph.D Candidate di University of New South Wales, juga AAA. Nanda Saraswati, SH., MH., selaku peneliti Hukum HAM Internasional dan akademisi FHUB. AAcara diikuti oleh 200 peserta dari kalangan akademisi dan mahasiswa.

Talkshow dibuka dengan sedikit pemaparan terkait latar belakang kasus seperti berdirinya ISIS, WNI yang menjadi anggota ISIS dan Pernyataan pemerintah terkait status WNI Eks-ISIS. Ikaningtyas, SH., LL.M menjelaskan perspektif hukum humaniter dan status ISIS di konflik internasional. Hendra Kurnia Putra, SH., MH, menjelaskan perspektif pemerintah yang menyatakan menolak memulangkan WNI Eks ISIS dan isu penghapusan status kewarganegaraan. Pembicaraan selanjutnya dipaparkan oleh Milda Istiqomah, SH., MTCP yang membahas terkait penerapan hukum pidana bagi WNI Eks ISIS, UU Terorisme, dan deradikalisasi bagi teroris dan radikalis. AAA. Nanda Saraswati, SH., MH memaparkan sisi HAM baik untuk WNI Eks-ISIS maupun Tanggung jawab Negara juga terkait keseimbangan dalam menjalankan Nasional Security yang porposional.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan peserta dan pemaparan kesimpulan dan harapan dari masing-masing pemateri. (AZL)