Debat Mahasiswa : Aspirasi Untuk Negeri

  • Post category:News

oval

PSIKnews – Sebanyak 133 tim dari beberapa PTN dan PTS di wilayah Jawa Timur, Bali dan Kalimantan mengikuti seleksi terbuka debat mahasiswa. Agenda bertajuk aspirasi untuk negeri tersebut diikuti oleh sekitar 400an orang mahasiswa. Universitas Brawijaya, Universitas Airlanggga, Universitas Negeri Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Widyagama, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Jember, Universitas Udayana serta beberapa PTS ikut ambil bagian dalam ajang ini.

Agenda yang baru pertama kalinya digelar oleh TVone dan BNI ini diselenggarakan di 6 kota. Bandung dan Yogyakarta adalah 2 kota yang telah mengadakan seleksi, dilanjutkan dengan Surabaya. Rencananya, ketiga kota terakhir yaitu Makassar, Medan dan Jakarta.

“Seleksinya berlangsung sangat ketat. Sayangnya, tidak terdapat dewan juri dari kalangan akademisi. Durasi debat juga sangat minimalis, yakni hanya 2 menit untuk tiap tim.” Ungkap Sholahuddin Al-Fatih, salah seorang peserta yang juga mahasiswa FH UB.

Seleksi untuk wilayah Surabaya digelar di Dragon Ballroom, Hotel Oval. Ratusan peserta tersebut mengikuti seleksi alam 3 babak. Pada babak pertama dilakukan seleksi berdasarkan presentasi esai dengan durasi waktu 3 menit. Dari 133 tim, akan disaring menjadi 8 tim yang akan mengikuti babak debat. Mosi yang dipertandingkan adalah mengenai penghapusan dana pensiun anggota dewan. 8 tim tersebut kemudian akan disaring hingga tersisia 4 tim yang akan bertanding pada babak final. 2 tim pemenang pada babak final berhak mewakili regional Surabaya untuk mengikuti babak grand final di Jakarta pada Februari mendatang. (alfa)