De HAN UB’s Faculty of Law, held a guest lecture with the theme of Amnesty Tax Policy To Increase Revenues

  • Post category:News

Rabu, 12 Oktober 2016, De HAN’s Fakultas Hukum UB, menyelenggarakan Kuliah Tamu dengan tema Kebijakan Tax Amnesty Untuk Peningkatan Pendapatan Negara. Bekerja sama dengan KPP Madya Malang, Akhmad Subaidi, SH dihadirkan sebagai narasumber dalam Kuliah Tamu ini. Dengan jumlah peserta lebih dari 100 peserta ditambah dengan mahasiswa mata kuliah Hukum Pajak, acara ini diselenggarakan di Ruang Auditorium Lantai 6 FH UB.

Dimoderatori oleh Dosen Fakultas Hukum UB, Dr. Shinta Hadiyantina, kuliah tamu ini berlatar belakang karena adanya kebijakan mengenai perpajakan yang akhir-akhir ini dikeluarkan oleh pemerintah tentang pengampunan pajak, atau lebih dikenal dengan Tax Amnesty. Dalam sambutan Dekan Fakultas Hukum UB, Dr Rachmad Safa’at menjelaskan bahwa setidaknya pajak berkontribusi kurang lebih 70% pos penerimaan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) beberapa tahun belakangan, namun masih banyak masyarakat yang enggan membayar pajak karena berbagai macam hal. Disisi lain kondisi perekonomian global kurang stabil membawa dampak yang cukup signifikan terhadap laju perekonomian Indonesia sehingga mengakibatkan defisit neraca perdagangan dan APBN, peningkatan jumlah kemiskinan, pengangguran, serta kesenjangan sosial. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pemerintah mengeluarkan kebijakan Tax Amnesty yang memberikan kemudahan dengan cara menghilangkan sanksi administrasi maupun pidana, sehingga diharapkan akan bertambahnya penerimaan negara.

Dengan terselenggaranya Kuliah Tamu ini diharapkan dapat membuka wawasan peserta mengenai Tax Amnesty, sekaligus dapat menjadi bekal untuk terjun ke lapangan untuk mahasiswa Fakultas Hukum UB. (Humas FH/Ylnd)