Cara Unik Aliansi BEM FH Malang Raya Dukung Pilkada

  • Post category:News

PSIKnews – Sebuah hajatan besar baru saja berlangsung di Kota Malang. Momentum pemilihan wali kota beserta wakilnya merupakan puncak dari pesta demokrasi yang terjadi di Kota Malang. Sayangnya, pesta demokrasi ini kerap menyisakan konflik, terutama konflik horisontal yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

Untuk meminimalisir timbulnya konflik, rekan-rekan yang tergabung dalam aliansi BEM FH Se-Malang Raya (FH UB, FH Unikan, FH Unisma) berupaya untuk mensukseskan gelaran Pilkada melalui aksi damai (Rabu, 22/5). Aksi kali ini terbilang cukup unik, karena mereka menggelar aksi dengan cara menggowes sepeda dari kampus FH UB menuju ke KPUD. Mereka akan menyampaikan surat cinta kepada para anggota beserta pimpinan KPUD, yang intinya untuk mendukung terselenggarakannya Pilkada secara damai dan tertib. Mengambil rute gowes sepanjang jalan Soekarno-Hatta, jalan Cokelat dan jalan Bantaran, mereka melakukan aksinya dengan tertib. Di sepanjang jalan yang dilalui, mereka mengajak para warga untuk menggunakan hak pilihnya dan menghindari golput. Setibanya di kantor KPUD, mereka melakukan orasi yang intinya adalah menyeru kepada KPUD untuk melaksanakan pilkada secara damai serta menjaga independensi dari KPUD sendiri.

“KPUD diharapkan bisa menjaga independensi lembaga, demi terciptanya pilkada yang bersih, damai dan terlaksana dengan sebaik-baiknya. Fungsi monitoring dan evaluasi inilah yang kemudian menjadi peran sentral dari KPUD, untuk menilai seberapa besar hajatan besar rakyat ini berjalan dengan maksimal.” Ungkap M. Alfi Muzakki, selaku Presiden BEM FH UB.

Harapannya, aksi damai ini memberikan efek sekaligus pengingat tentang tanggungjawab KPUD selaku lembaga yang bertugas untuk menyelenggarakan Pilkada. (alfa75)