BEM FH : Seleksi Internal Delegasi Debat Nasional di FH UII

  • Post category:News

Sebanyak 27 mahasiswa angkatan 2011 dan 2012 mengikuti seleksi internal delegasi debat nasional di Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (FH UII). Agenda seleksi digelar di ruang sidang III Lt. 6 Gedung A FH UB. Pihak kemahasiswaaan yang bekerjasama dengan BEM FH menghadirkan 3 (tiga) orang juri penilai, yaitu Alfons Zakaria, SH., LLM (pidana), M. Dahlan, SH., MH (HTN) dan M. Zairul Alam, SH. (perdata).
Dewan juri memberikan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan tema, yaitu penegakan hukum progresif di Indonesia. Salah satu pertanyaan yang menjadi bahan diskusi antara dewan juri dan peserta seleksi adalah mengenai seberapa jauh perkembangan dan penerapan hukum progresif di Indonesia. Menurut Fatih, salah seorang peserta seleksi, mengatakan bahwa sudah seyogyanya seorang mahasiswa peka terhadap isu-isu yang sedang berkembang di tengah masyarakat, salah satunya adalah tentang hukum progresif.
“Sebagai seorang mahasiswa, terutama mahasiswa yang sedang belajara tentang hukum, kita harus pandai menganalisis gejala-gejala sosial yang ada, lalu kemuidan mencoba memberikan solusi yang progresif, sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan manusianya itu sendiri.”
Salah satu upaya untuk melatih kepekaan mahasiswa adalah dengan melalui ajang perlombaan. Diharapkan, dengan adanya lomba debat ini, akan muncul wawasan dan khazanah ilmu pengetahuan baru, terutama untuk mahasiswa, yang dapat memenuhi dan mengakomodir seluruh kebutuhan masyarakat. (alfa59)