First Day Of The Faculty Of Law's Campus Orientation

  • Post category:News

a

Setelah mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru Universitas Brawijaya (PK2MUB) tahun 2015 yang diikuti oleh 13.386 mahasiswa baru pada 1 September 2015 kemarin, mahasiswa baru Fakultas Hukum UB mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus (PKK-MABA) 2015 di Fakultas Hukum UB. Tahun ini Fakultas Hukum UB menerima 598 mahasiswa baru. PKK-MABA FH UB tahun 2015 bertema “Restoratif” yang memiliki arti “Rangkaian Event Orientasi Mahasiswa Baru Berbasis Moralitas Organisatoris Intelektual dan Solutif”.

PKK-MABA hari pertama Fakultas Hukum Universitas Brawijaya dilaksanakan pada Rabu, 2 September 2015, dengan materi bidang orientasi pendidikan (ORDIK). Kegiatan yang dimulai sejak pukul 06.00 WIB ini diawali dengan apel pagi yang diikuti oleh seluruh mahasiswa baru Fakultas Hukum di halaman depan gedung A Fakultas Hukum UB. Apel pagi dipimpin oleh ketua pelaksana PKK-MABA 2015, Markus Harfian Bagus Aji, mahasiswa FH UB angkatan 2012. Apel pagi berjalan dengan hikmat dan lancar tanpa ada suatu halangan. Dalam apel tersebut juga dilakukan pemeriksaan terhadap penugasan mahasiswa baru oleh Disma (Disiplin Mahasiswa). Penugasan terhadap mahasiswa baru diberikan dengan tujuan membentuk kedisiplinan dan karakter mahasiswa baru.

aa

Rangkaian acara orientasi mahasiswa baru FH UB berlanjut pada mobilisasi mahasiswa baru menuju loby gedung B Fakultas Hukum. Acara berikutnya adalah sambutan-sambutan yang disampaikan oleh Presiden BEM FH UB dan Dr. Rachmad Syafa’at, SH. M.Si. selaku Dekan FH UB. Kemudian dilanjutkan perkenalan seluruh jajaran staf pengajar dan karyawan Fakultas Hukum Universitas Brawijaya. Usai perkenalan, mahasiswa baru menerima materi tentang lembaga kemahasiswaan yang disampaikan oleh Kasubbag Kemahasiswaan dan Alumni serta staf ahli Wakil Dekan III FH UB.

Sekitar pukul 09.25 para mahasiswa baru dimobilisasi ke dalam ruang kelas untuk menerima materi tentang Kurikulum Pendidikan, Etika Kampus, dan materi Sistem Pembelajaran dan Evaluasi Pendidikan. Usai menerima materi, mahasiswa baru mendapat penugasan untuk ospek hari kedua yang akan dilaksanakan pada Kamis, 03 September 2015.

aaa

Diharapkan mahasiswa baru FH UB tahun 2015 ini dapat mengikuti seluruh rangkaian PKK-MABA agar dapat mengenali kampus, menerima berbagai pengetahuan tentang kehidupan kampus, dan mendapatkan informasi tentang kampus dengan baik. Perbedaan kegiatan PKK-MABA 2015 dengan tahun sebelumnya adalah di tahun ini lebih mengedepankan pada aspek moralitas, sebagaimana tercantum dalam tema PKK-MABA 2015. Hal ini sangatlah penting, mengingat status Akreditasi Fakultas Hukum Universitas Brawijaya yang sampai tahun 2015 ini berpredikat A, salah satu penilaiannya terkait dengan angka Drop Out (DO) Mahasiswa. Sebenarnya angka DO ini dapat ditekan dengan mengedepankan aspek moral yang berdampak signifikan pada semangat, kemampuan, dan kemauan setiap mahasiswa dalam menyerap substansi akademik.