(Indonesia) Bedah Buku Bunga Rampai Kejaksaan Masyarakat Pemantau Peradilan Indonesia

  • Post category:News

Fakultas hukum Universitas Brawijaya Malang beserta Dosen Fakultas Hukum ikut berpartisipasi dalam ajang Nasional yang diadakan Masyarakat Pemantau Peradilan Indonesia (MaPPI ) yang diadakan oleh Fakultas Hukum Universitas Indonesia yang bekerjasama dengan Kejaksaan Republik Indonesia, serta Djokosoentono Research Center.

Simposium Buku Bunga Rampai Kejaksaan. Ini diwakili oleh mahasiswi fakultas hukum universitas brawijaya yaitu Jazau Elvi Hasani bersama dengan Dosen FH Bapak Fachrizal Afandi SH MH. Acara yang berisi tentang bedah Buku Bunga Rampai kejaksaan yang bertujuan untuk memberikan gagasan demi perbaikan di dalam tubuh kejaksaan disamping itu menambah referensi ilmiah mengenai kejaksaan. Acara yang dihadiri oleh para praktisi hukum ini berisi diskusi keilmiahan mulai dari akademisi, praktisi, kejaksaan dan dari berbagai kalangan.

Acara yang berlangsung dengan diskusi keilmiahan yang terdiri dari tiga sesi yakni  tema besar adalah Kejaksaan. Sesi pertama yakni mengenai Reformasi Birokrasi dan pengawasan. Oleh D. Andhi Nirwanto (Wakil Jaksa Muda RI), Bambang Waluyo (Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan), Ferdinand  Andi  Lolo (Komisioner Komisi Kejaksaan, akademisi kriminologi FISIP UI), Datas Ginting Suka (Koordinator  Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Umum), Tatang Sutarna (Asisten Pembinaan Kejaksaan Tinggi Jawa Barat), Aulia Ali Reza (Peneliti MaPPI), Sesi II mengenai Penguatan Fungsi Kejaksaan yaitu Noor Rachmad (Jaksa Agung Muda Bidang Perdata dan tata Usaha Negara), Tholib Efendi (Akademisi FH Universitas Trunojoyo), Supriyadi W Eddyono (Direktur Eksekutif Insitute For Criminal Justice Reform/ICJR), Heru A. Anggoro (Biro Hukum Kejaksaan Agung), Muhammad Rafi (Peneliti Lembaga Kajian dan Advokasi untuk Independensi Peradilan/LEIP), sedangkan Sesi Ketiga mengenai Kedudukan Kejaksaan dalam sistem Ketatanegaraan RI. Yaitu, J. S Maringka (Kepala Biro Hukum Kejaksaan Agung), Fajri Nursyamsi (Peneliti Pusat Kajian Hukum Tata Negara (PSHTN) FH UI, Khunaifi Alhumami (pusat penelitian dan pengembangan kejaksaan agung) serta Jazau Elvi, mengisi sebagai pembicara dari fakultas hukum universitas brawijaya. Adapun yang menjadi judul tulisannya ialah “Reposisi kedudukan kejaksaan dalam sistem ketatanegaraan RI, Upaya Akselerasi mewujudkan independensi kejaksaan..

Deleasi bernama Jazau Elvi mengatakan sangat senang dapat mewakili fakultas hukum Universitas Brawijaya. Selain menambah pengalaman akan isu hukum dan pengalaman dapat menulis bidang hukum.

MaPPi Fhui ialah suatu lembaga fakultas hukum UI yang memantau peran aparatur Negara. Maka kali ini diadakan suatu acara bedah buku bunga rampai kejaksaan RI.

Bagi Para penulis mengaku pengalaman ini  menjadi sebuah kebanggaan untuk ikut berpartisipasi dalam symposium Bedah Buku Bunga rampai Kejaksaa RI. Selain itu untuk memberikan sumbangsih dalam menungkap pemikiran dalam bentuk gagasan yang solutif demi lembaga kejaksaan.