Bagian Hukum Pidana FH UB selenggarakan Seminar Nasional tentang Perlindungan Hukum bagi Wistleblower dan Justice Collaborator

  • Post category:News

a

Kamis (10/08/2015) bagian Hukum Pidana Fakultas Hukum UB menyelenggarakan seminar nasional dengan tema “Perlindungan Hukum Wistleblower dan Justice Collaborator dalam Sistem Peradilan Pidana Indonesia”. Seminar Nasional ini digelar dalam rangka memperingati HUT Fakultas Hukum Universitas Brawijaya ke 58.

Seminar yang digelar di Auditorium  Lt.6 FH UB dimoderatori oleh Dr. Yuliati, SH. LLM., dosen bagian Hukum Pidana FH UB. Tampil 4 orang sebagai pembicara, yaitu Dr. Askari Razak, SH. MH. (Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK)), Dr. Prija Djatmika, SH. MH. (Wakil Dekan I Fakultas Hukum Universitas Brawijaya), Ariana Juliastuti, SH. MH. (Koordinator Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Jawa Timur), dan AKBP. Imam Suroso, SH. MH. (Kepala Bidang Hukum Kepolisisan Daerah Jawa Timur). Seminar ini dihadiri lebih dari 150 peserta yang datang dari berbagai kalangan diantaranya wakil dari institusi pengadilan, kejaksaan, dan kepolisian se Jawa Timur, akademisi dari Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta se Jawa-Bali, advokat, mahasiswa, dan masyarakat umum.

Acara diawali dengan sambutan oleh Alfons Zakaria, SH. LLM., sebagai Ketua Panitia penyelenggara seminar, dilanjutkan dengan sambutan oleh Wakil Rektor II Universitas Brawijaya, Dr. Sihabudin, SH.MH. sekaligus secara resmi membuka acara seminar nasional. Kemudian diadakan sesi penyerahan cindera mata dari Fakultas Hukum UB kepada para pembicara yang diserahkan oleh Wakil Rektor II. Selanjutnya acara inti yaitu pemaparan materi oleh keempat narasumber yang dipimpin oleh moderator. Setelah pemaparan materi, dilakukan sesi diskusi dan tanya jawab yang diikuti oleh peserta seminar dengan sangat antusias. Setelah seminar berakhir dilanjutkan dengan ramah tamah.