The Department of International Law Held A Conference on International Refugees

  • Post category:News

Peng

Bagian Hukum Internasional FH UB mengadakan seminar nasional dengan tema “Perlindungan terhadap Pengungsi Internasional di Indonesia : Antara Kewajiban Internasional dan Kepentingan Nasional”. Seminar ini digelar dalam rangka memperingati HUT Fakultas Hukum Universitas Brawijaya ke 58.

Seminar yang digelar pada Rabu (05/08/2015) di Auditorium  Lt.6 FH UB dimoderatori oleh Hanif Nur Widhiyanti, SH. M.Hum. Ph.D., Dosen  Bagian Hukum Internasional FH UB. Sedangkan narasumber dalam seminar tersebut adalah Karina Putri Indrasari (Dosen FISIP UB), Herman Suryokumoro, SH., MS. (Dosen Bagian Hukum Internasional FH UB), dan Prof. Hikmahanto Juwana, SH., LL.M., Ph.D (Guru Besar Universitas Indonesia). Lebih dari 100 peserta hadir dalam seminar tersebut, yang terdiri dari dosen hukum PTN dan PTS se Indonesia, mahasiswa, dan masyarakat umum.

Bagi pemerintah, keberadaan Pengungsi Asing memunculkan dilema. Di satu sisi, pemerintah harus memfasilitasi keberadaan mereka, bahkan tak dapat membiarkan Pengungsi Asing terlantar atau tak terurus ketika mereka mengalami musibah. Ini karena, dari sisi kemanusiaan, pemerintah akan disalahkan secara internasional jika mereka abai. Di sisi lain, jika bantuan diberikan untuk mengurus Pengungsi Asing, akan berdampak pada anggaran negara. Bahkan, perlakuan pemerintah jadi sumber kecemburuan bagi warga. Pemerintah seolah memberikan perhatian lebih kepada Pengungsi Asing karena khawatir mendapat kritik internasional daripada warganya sendiri. Padahal, masih banyak warga miskin di Indonesia atau TKI yang bermasalah di luar negeri yang harus diurus.