Bagian Hukum Perdata Fakultas Hukum Universitas Brawijaya Gelar Konferensi Nasional Hukum Bisnis

Bagian Hukum Perdata Fakultas Hukum Universitas Brawijaya Gelar Konferensi Nasional Hukum Bisnis Nasional Pada 14-15 Oktober 2019 di Auditorium LT 6 Gedung A FHUB.

Acara diawali dengan sambutan Dekan FHUB, Dr. Muchamad Ali Safaat, S.H., M.H. Acara konferensi sesi pertama Dimoderatori oleh Dr. Reka Dewantara S.H., M.H selaku akademisi FHUB. Turut hadir narasumber sebagai pembicara Syamsul Ma’arif S.H., LL.M., Ph.D. Selaku Hakim Agung Mahkamah Agung Republik Indonesia, menyampaikan materi mengenai mengintegrasikan hukum dan etika kedalam corporate governance, Indonesia dari perspektif  corporate governance, indicator global competitiveness index dan kaitannya dengan penerapan good corporate governance, regulasi good corporate governance,serta good corporate governance pada tindak pidana. Kemudian penyampaian materi dilanjutkan oleh Prof. Dr. Nindyo Pramono, S.H., M.H selaku akademisi Departemen Hukum Bisnis Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada. Menyampaikan materi mengenai good corporate governance dan iklim investasi, manfaat good corporate governance, kendala penerapan good corporate governance, membahas mengenai Indonesia masih dinilai mempunyai tingkat “country risk” yang cukup tinggi untuk masuknya arus investasi asing. Standar moral dan standar etika bisnis, serta integrasi hukum dan etika dalam good corporate governance. Kemudian seminar diakhiri dengan sesi tanya jawab, acara sesi kedua yaitu presentasi oleh pemakalah yang telah mengirim karya ilmiah pada konferensi ini (Senin 14 Oktober 2019).

Dihari kedua acara konferensi dilanjutkan dengan seminar nasional yang dimoderatori oleh M. Zairul Alam, S.H., M.H. selaku akademisi FHUB turut hadir sebagai pembicara Hayyan Ul Haq, S.H., LL.M., Ph.D selaku akademisi Departemen Hukum Bisnis Fakultas Hukum Universitas Mataram, menyampaikan materi mengenai pembadanan etika dalam performulasian dan pelaksanaan kontrak dagang internasional dibidang alih teknologi, menemukan stuktur kordinat fondasi normative dalam perdagangan internasional, serta membadankan etika dalam mengkoherensikan nilai-nilai dan tujuan yang diametric dalam pengoptimalisasian produk-produk intelektual dan korporasi. Selanjutnya penyampaian materi oleh narasumber DR. Sukarmi, S.H., M.H.selaku akademisi FHUB memberikan materi mengenai persaingan usaha pada korporasi, tindakan-tindakan korporasi yang menimbulkan iklim usaha tidak sehat, regulasi yang berkaitan dengan korporasi serta akibat hukum korporasi yang melakukan kegiatan persaingan usaha tidak sehat dan menimbulkan monopoli pada dunia usaha. Kemudian seminar diakhiri dengan sesi tanya jawab. (Selasa 15 Oktober 2019) (IRM)