Bachelor of Law Study Program UB towards ASEAN University Quality Standards

  • Post category:News

Fakultas Hukum Universitas Brawijaya, untuk pertama kalinya didatangi oleh tim assesor dari ASEAN University Network Quality Assessment (AUN-QA) pada Selasa (8/10). Maksud dari kedatangan mereka adalah untuk memvisitasi Program Studi Sarjana Ilmu Hukum untuk melakukan penilaian yang bertujuan untuk melakukan penjaminan mutu program studi dengan standar AUN. Standar AUN-QA disusun mengacu ke standar akreditasi Internasional, disusun oleh pakar-pakar QA ASEAN.

AUN adalah kependekan dari ASEAN University Network yang berdiri pada tahun 1995. Badan yang didirikan untuk memperkuat jaringan perguruan tinggi terkemuka di negara-negara anggotanya untuk meningkatkan solidaritas dan mengembangkan identitas regional melalui pengembangan sumber daya manusia.  Awalnya beranggotakan 13 Universitas, saat ini beranggotakan 30 Universitas di seluruh ASEAN. AUN Quality Assurance (AUN QA) bukan Akreditasi, melainkan salah satu kegiatan penilaian yang dilakukan oleh AUN yang bertujuan untuk melakukan penjaminan mutu program studi dengan standar AUN. Standar AUN-QA disusun mengacu ke standar akreditasi Internasional, disusun oleh pakar-pakar QA ASEAN.

Sejak tahun 2014, Rektor UB telah memutuskan bahwa FH UB harus mempersiapkan assessment dari AUN QA dan dimulai dengan Program Studi Sarjana Ilmu Hukum. Berkenaan dengan hal itu, FH UB telah fokus mempersiapkannya sejak 2014 dengan membentuk tim AUN QA assessment, mengadakan workshop terkait AUN QA (kriteria AUN QA, proses penyusunan Self Assesment Report (SAR), persiapan assessment) yang diikuti tidak hanya oleh tim AUN, tetapi juga seluruh civitas akademika FH UB untuk mendukung proses penyusunan SAR. Narasusmber yang didatangkan berasal dari universitas yang telah berpengalaman di assessed oleh AUN, seperti UGM, dan UNAIR. Penyusunan SAR dimulai dengan membentuk task force. Tim Task Force ini bekerja dengan didukung sepenuhnya oleh Pimpinan Fakultas dan KPS S1. Tim Task Force juga dibimbing dan dikawal oleh assessor UB yang ditunjuk oleh PJM UB. Proses diskusi dan konsultasi secara insentif dilakukan sepanjang diperlukan yang difasilitasi oleh PJM UB. Setelah final draft SAR Document di review oleh internal assessor, PJM UB memutuskan bahwa SAR Program Studi Sarjana Ilmu Hukum UB telah memenuhi syarat. Dan pada awal September 2016, final SAR dokumen yang juga disertai lampiran-lampiran diserahkan ke sekretariat AUN QA melalui PJM UB.

“Standar AUM QA ini kita jadikan sebagai The Turning Point (Titik Balik) untuk mengevaluasi kinerja kita. Institisi kita. Cara kita mengajar dan mendidik. Cara tenaga kependidikan memberikan layanan. Serta cara kita menyediakan fasilitas pembelajaran bahkan cara kita mencapai ELO serta mengembangkan kurikulum.” ungkap Dekan Fakultas Hukum, Dr. Racmad Safa’at, SH., MSi.

“Hasil dan Rekomendasinya sangat penting bagi peningkatan kualitas dan reputasi penyelenggaraan oendidikan hukum di FH UB. Selamat pada semua Tim yang telah bekerja keras untuk mendapatkan akreditasi AUN QA. Semoga Alloh memberkahi dan meridhoi upaya kita semua.” Lanjutnya.