3rd Partnership Meeting Antara FH UB Dengan Universitas Utrecht

  • Post category:News


Sebanyak 10 Fakultas Hukum dari beberapa Universitas di Indonesia yang menjadi partner Universitas Utrecht mengirimkan delegasinya untuk mengikuti agenda The 3rd Pratnership Meeting. Bertempat di Ruang Seminar lt. 3 UB Hotel, agenda tersebut berlangsung selama kurang lebih 5 jam. Para delegasi yang terdiri dari sepuluh Universitas di Indonesia diantaranya adalah Universitas Sebelas Maret, Universitas Udayana, Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, Universitas Hasanuddin, Universitas Mataram, Universitas Andalas dan Universitas Brawijaya selaku tuan rumah. Selain kesepuluh Universitas yang telah menjadi partner, hadir juga beberapa Universitas yang berstatus sebagai observer, diantaranya adalah Universitas Islam Indonesia, Universitas Dr. Soetomo, Universitas Bandar Lampung, Universitas Trunojoyo, Universitas Sumatera Utara dan Universitas Medan Area.
Agenda pertemuan kali ini terbagi ke dalam dua sesi, sesi pertama (09.30-12.00 WIB) membahas tentang beberapa program belajar yang ditawarkan oleh Universitas Utrecht, seperti Sandwich Program Researchers, full PhD dan Student Exchange. Sesi ini juga menjelaskan tentang prosedur pendaftaran, pengurusan visa belajar di Belanda serta besarnya biaya yang dikeluarkan untuk masing-masing program belajar. Selain itu juga dijelaskan sekilas mengenai beberapa beasiswa yang ditawarkan untuk bisa belajar di Universitas Utrecht. Pada sesi kedua (14.00-17.00 WIB) diadakan agenda rapat singkat membahas tentang agenda pada sesi pertama. Sesi kedua dibuka oleh Dr. Sihabudin, SH., MH., selaku dekan fakultas Hukum Universitas Brawijaya dan Dr. Mervin Bakker, selaku direktur dari Netherlands Education Support Office (NESO). Prof. Dr. H.R.B.M. Kummeling, selaku dekan Fakultas Hukum Utrecht, bertindak sebagai pembicara pada sesi kedua ini.
Di akhir sesi akan ditentukan Universitas terpilih yang tahun depan akan menyelenggarakan agenda Partnership Meeting lagi. Universitas Brawijaya sendiri kali ini terpilih menjadi penyelenggara ketiga agenda Partnership Meeting, setelah sebelumnya agenda ini diselenggarakan di Surabaya dan Bandung. (alfa28)