16 Mahasiswa FHUB Ikuti Seleksi Interview ELC 2015

  • Post category:News

Sebanyak 16 mahasiswa FHUB yang dinyatakan lolos seleksi administrasi program ELC 2015, mengikuti tes interview dan Focus Group Discussion (FGD). Tes dilaksanakan di Ruang Auditorium Lt 6 Gedung A FHUB pada Jumat (13/2/2014). Andi Marwah, salah satu peserta tes menjelaskan, bahwa untuk mengikuti test interview kali ini ia telah mempersiapkan secara matang dengan mencari referensi di internet serta bertanya tanya kepada rekanya yang sedang kuliah di Jerman mengenai hal hal yang terkait dengan pertanyaan yang mungkin saja ditanyakan oleh panelis. Adapun Aprilivan Partogi, salah satu peserta bahkan menjelaskan bahwa dirinya tidak ada persiapan khusus untuk mengikuti seleksi ini.

Mekanisme seleksi dibagi dalam 2 (dua) sesi, FGD & Interview, sesi pertama adalah sesi FGD, dimana semua peserta dibagi menjadi 3 kelompok. Emilia Dewi, salah satu peserta menjelaskan bahwa dia sedikit tegang dalam menghadapi forum FGD karena persiapan lebih ia fokuskan ke interview, ia menambahkan alasan ia ikut program ini adalah untuk memperluas pengetahuan tentang sistem hukum yang di negara lain dan juga menurut dia, Jerman memiliki standing-point yang tinggi dalam konstelasi hukum internasional

Program ELC merupakan agenda tahunan FHUB bekerjasama dengan Universitat Leipzig di Jerman yang didanai oleh DAAD. Tema yang diambil pada ELC tahun ini adalah “Constitution & Political Identitiy Building”. Berbeda dengan tahun sebelumnya, ELC kali ini akan berlangsung dalam 3 sesi, yaitu di Leipzig (Jerman), Malang dan Jakarta.

Panitia menjelaskan bahwa dari 16 peserta seleksi interview dan FGD, maksimal hanya akan ada 5 mahasiswa yang akan lolos dan berhak menjadi delegasi FHUB dalam ELC 2015. Panitia menambahkan pengumuman bisa dilihat di website resmi FHUB pada tanggal 16 Februari 2015.