IMG_0257

Generasi muda merupakan tonggak utama penyelesaian problematika kehidupan dimasa depan. Inovasi-inovasi baru sangat diperlukan untuk kemajuan negeri ini. Pendidikan tinggi di Indonesia perlu ditingkatkan dalam membekali para calon-calon sarjana agar mampu hidup mandiri, berkreasi, memanfaatkan ilmu yang telah dipelajarinya. Program Hibah Penelitian Mahasiswa(HPM) merupakan salah satu wahana untuk memacu tumbuhnya gagasan yang inovatif terutama dalam bidang penelitian.  Hibah kompetisi ini merupakan penghargaan untuk karya inovasi mahasiswa yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas.

Tema besar HPM pada tahun ini yaitu, Contemporary Issues of Law, isu-isu terkini seputar hukum yang berdimensi internasional. Diharapkan adanya gagasan dan inovasi strategis dari para mahasiswa untuk mengatasi isu-isu terkini. Pada hari Rabu, 8 Oktober 2014, bertempat di ruang auditorium gedung A, kemahasiswaan Fakultas Hukum telah mengadakan presentasi untuk menentukan lima tim yang berhak mendapatkan dana hibah sebesar Rp 3.500.000,00. Acara presentasi dan tanya jawab ini dimulai sejak pukul 08.00 hingga pukul 15.00. Belasan peserta yang lolos dalam tahap administrasi diharuskan untuk berkompetisi satu sama lain untuk mendapatkan dana hibah yang nantinya hanya akan diberikan untuk lima tim saja.

Kerasnya persaingan dalam HPM tahun ini membuat peserta bersemangat untuk berlatih di lobi depan auditorium sembari menunggu giliran untuk tampil. Saat ditanya tentang persiapan untuk presentasi, Anny Savitri, mahasiswa Fakultas Hukum angkatan 2012, mengatakan tentang pentingnya belajar sebelum tampil didepan juri agar hasil maksimal. Adapun juri pada kompetisi HPM pada tahun ini yaitu Bapak Reka Dewantara,SH,MH, dan Ibu Ikaningtyas SH.LLM. Besar harapan ide-ide yang terkumpul pada HPM tahun ini akan menjadi solusi untuk bangsa ini nantinya.(ea)