[Malang, 15 Agustus 2018] Fakultas Hukum, Universitas Brawijaya (FH UB) menyambut 672 Mahasiswa Baru (MABA) 2018 Program Sarjana Ilmu Hukum FH UB bertempat di Gedung B FH UB. Kegiatan ini di buka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars FH UB, dan Garuda Pancasila. Tahun ini FH UB menyambut MABA dengan semboyan CANDRADIMUKA 2018previewCandradimuka diambil dari nama kawah tempat dimana  Gatotkaca belajar ilmu bela diri dan ilmu kebatinan, yaitu sebuah wadah dimana tempat kita untuk menimba ilmu sekaligus tempat untuk berproses, maknanya semboyan Candradimuka 2018 ini adalah sebuah rumah perjuangan untuk keadilan.

Logo diatas menggambarkan sebuah:

  1. Kepala yang menghadap ke atas maknanya, bagaimana kita dapat mengejar cita-cita setinggi-tingginya.
  2. Sayap yang mirip dengan tekstur timbangan maknanya, sebuah simbol hukum yang bermakna keadilan.
  3. Badan berbentuk seperti pedang, maknanya sebagai simbol bahwa hukum dapat menyelesaikan segala perkara.

Secara keseluruhan logo seperti burung garuda ini merupakan lambang negara Republik Indonesia tercinta.

Kemudian, kegiatan selanjutnya adalah sambutan dari koordinator Monitoriong & Evaluasi (MONEV) oleh Sdr. Syafiq Ramdani, sebagai perwakilan dari panitia FH UB yang bertugas untuk memonitoring, mengawasi, dan mengevaluasi setiap kegiatan dari segi kepanitiaan dan sistem pelaksanaannya hingga berakhirnya seluruh rangkaian acara PK2MABA yaitu malam inagurasi.

selanjutnya, sambutan dari Presiden BEM FH UB oleh Sdr. M. Ifani Juhan dari Steering Comitte BEM FH UB untuk menyemangati dan memotivasi MABA FH UB 2018 sebagai Agent  of Change agen penggerak perubahan untuk menyelesaikan persoalan dan permasalahan yang dialami oleh bangsa, dengan menggemakan slogan “Hukum Bersatu tak Bisa Dikalahkan” dan di akhir kata beliau menyampaikan “berproseslah di FH karena proses tidak akan mengkhianati hasil” kemudian selanjutnya Sambutan Pembukaan dari Ketua Pelaksana Bapak Syahrul Sajidin, S.H., M.H.

Pada sesi pertengahan acara, menayangkan cuplikan mengenai video profil FH UB, kemudian sambutan dari Bapak Dekan FH UB Dr. Rachmad Safa’at, S.H., M.Si. beliau menyampaikan “Rektor UB menyampaikan bahwa UB termasuk 10 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik di Indonesia, lulusannya yang membanggakan baik di tingkat nasional dan internasional, banyak sekali prestasu-prestasi yang telah diraih oleh FH, lulusan-lulusan FH UB menghasilkan lulusan yang terbaik, sebagian besar ada yang menjadi ketua Mahkamah Konstitusi, Mahkamah Agung, dan beberapa lembaga-lembaga hukum tinggi negara lainnya. UB salahsatu PTN yang termasuk kategori terfavorit di Indonesia, yang mendaftar di UB sekitar 285.000 calon mahasiswa baru, yang memilih FH sekitar 102.000 calon mahasiswa baru, yang diterima di UB sekitar 741 calon mahasiswa baru, yang mendaftar ulang sekitar 647 calon mahasiswa baru dan beberapa pindahan, sehingga total yang diterima di FH adalah 672 calon mahasiswa baru dari 102.000 calon mahasiswa baru yang memilih di FH UB, dengan melihatnya jumlah mahasiswa yang mendaftar di FH UB, harapannya mahasiswa yang sudah diterima sebanyak 672 calon mahasiswa baru  bersyukurlah, dengan semangat saja tidak cukup, visi kedepan FH UB dapat menjadi standar internasional yang terkemuka dengan menghasilakn lulusan dengan nilai akademisi yang tinggi, serta sanggup menjaga IPK tidak dibawah 3 koma,” pungkasnya.