banner-inside-9

Sumber Daya Manusia

Dosen

Jumlah dosen pada tahun 2012 sama dengan jumlah dosen pada tahun 2011 meskipun telah ada kebijakan penerimaan dosen tetap non Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang dimulai sejak tahun 2011. Secara keseluruhan dosen berjumlah 102 orang dengan perincian 91 orang berstatus PNS dan 11 orang berstatus dosen tetap non PNS, dosen laki-laki berjumlah 61 orang dan dosen perempuan berjumlah 41 orang. Pada tahun 2012 tercatat, 1 orang dosen meninggal (Alm. Dr. Sumiyanto, SH, MH), 2 orang dosen pensiun (Prof. Dr. Moch. Munir, SH dan Drs. Zusihadi) dan 2 orang dosen tidak aktif (Nur Rosyidah R, SH, CN, M.Hum dan Winarti, SH).

perbandingan-jumlah-dosen-by-gender

102 orang dosen tersebut terbagi dalam 6 bagian yaitu; Hukum Tata Negara (HTN) 13 orang dosen, Hukum Administrasi Negara (HAN) 9 orang dosen, Hukum Internasional (HI) 19 orang dosen, Hukum Perdata 34 orang dosen, hukum pidana 20 orang dosen dan MKU berjumlah 6 orang dosen.

Jumlah-dosen-berdasarkan-bagian

Salah satu kebijakan Fakultas adalah meningkatkan kualifikasi akademik dosen, antara lain dengan mendorong dan memfasilitasi para do sen untuk studi lanjut, memberikan bantuan beasiswa secara bertahap, bantuan pendanaan untuk mengikuti seminar, workshop, pelatihan dan kegiatan ilmiah lain baik di dalam maupun di luar negeri. Pada akhir tahun 2012, tercatat 21 orang dosen sedang menempuh studi lanjut yaitu; 1 orang dosen menempuh S2 dan 20 orang dosen menempuh S3. Jumlah dosen yang sedang studi lanjut tidak mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun 2011, Dosen yang tercatat sedang studi lanjut pada tahun 2011 telah menyelesaikan studinya antara lain:

  1. Moch. Zairul Alam, SH, MH
  2. Dr. Sri Lestariningsih, SH, MH
  3. Dr. Moh. Fadli, SH, MH
  4. Dr. Ismail Navianto, SH, MH
  5. Dr. Bambang Sugiri, SH, MS
  6. Dr. Istislam, SH, M.Hum
  7. Dr. Lucky Endrawadi, SH, MH
  8. Dr. Iwan Permadi, SH, MH

Ditinjau dari segi pendidikan, kualifikasi dosen telah memenuhi target dikti yaitu minimal 52 % harus bergelar S2/S3, dari 102 orang dosen, 5 orang dosen bergelar S1, 69 orang dosen bergelar S2 dan 28 orang dosen bergelar S3, artinya 95,09% dosen Fakultas Hukum Universitas Brawijaya telah memenuhi target Dikti.

kualifikasi-dosen

Peningkatan profesionalisme dosen juga dilakukan melalui pengikutsertaan dosen dalam program sertifikasi dosen secara bertahap, sehingga sampai dengan akhir tahun 2012 sebanyak 46 orang dosen (termasuk 6 orang guru besar) dari 102 orang dosen Fakultas Hukum Universitas Brawijaya telah tersertifikasi. Sedangkan berdasarkan kualifikasi jabatan fungsional, dosen Fakultas Hukum Universitas Brawijaya terdiri atas: Asisten Ahli 14 orang dosen, lektor 18 orang dosen, lektor kepala 39 orang dosen dan guru besar 6 orang dosen.  Kedepannya, diharapkan tercapai target idaman yaitu jumlah dosen dengan kualifikasi pendidikan S3 mencapai 80% dari seluruh jumlah dosen. Dan peningkatan jabatan fungsional secara periodik dan berjenjang.

Tenaga Kependidikan

Jumlah tenaga administrasi pada tahun 2012 meningkat cukup pesat dibandingkan jumlah tenaga administrasi pada tahun 2011 yang hanya berjumlah 47 orang, dengan komposisi 39 tenaga administrasi laki-laki dan 14 tenaga administrasi perempuan sehingga total tenaga administrasi pada tahun 2012 adalah 53 orang dengan 34 orang berstatus PNS dan 17 orang berstatus Non PNS. Tenaga administrasi laki-laki masih dominan dengan prosentase 73,58%. Untuk kualifikasi tenaga administrasi apabila ditinjau dari segi pendidikan sangat variatif baik dari jenjang Sekolah Dasar (SD) hingga S2. 2 orang berpendidikan SD, 8 orang berpendidikan SMP, 20 orang berpendidikan SMA, 4 orang berpendidikan D3, 18 orang berpendidikan S1 dan 1 orang berpendidikan S2. Sedangkan kualifikasi tenaga administrasi berdasarkan golongan terdiri atas:

  • 5 orang golongan I
  • 15 orang golongan II
  • 15 orang golongan III
  • 1 orang golongan IV

Untuk pengembangan sumber daya manusia bagi tenaga administrasi, hingga akhir tahun 2012, sebanyak 2 orang tenaga administrasi tercatat sedang menempuh studi lanjut S1.