banner-inside-20

Rencana Strategis dan Program Kerja

Rencana Strategi

Kebijakan Dasar dalam penyusunan Rencana Program dalam RENSTRA 2011-2015 ditetapkan berlandaskan upaya FHUB untuk mengakselerasi terwujudnya visi FHUB sebagai penyelenggara pendidikan tinggi hukum yang berstandar internasional serta menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa kemandirian, kreatif, inovatif dan bertanggungjawab (entrepreneurial). Karena itu kebijakan dasar FHUB difokuskan pada Pengembangan FHUB menjadi Fakultas Hukum yang berstandar Internasional melalui akselerasi langkah FHUB dalam pengembangan bidang berikut;

  1. Bidang Ragaan FHUB Masa Depan
  2. Bidang Kualitas Pembelajaran (Teaching Quality)
  3. Bidang Kualitas Penelitian (Research Quality)
  4. Bidang Pengabdian kepada Masyarakat (Social Responsbility)
  5. Bidang Relevansi Lulusan (Graduate Employability)
  6. Bidang Organisasi dan Managemen Fakultas
  7. Bidang Kerjasama Internasional (International Cooperation).

Program ini ditujukan untuk meningkatkan ragaan FHUB secara umum pada masa akan datang (2011-2015). Selain itu program ini juga ditujukan untuk peningkatan kualitas FHUB sebagai penyelenggara pendidikan tinggi hukum yang berstandar internasional. Tujuan program ini diharapkan dapat dicapai melalui rencana program sebagai berikut:

  1. Peningkatan daya tampung FHUB dalam pemenuhan Angka Partisipasi Kasar (APK) berdasarkan kebutuhan masyarakat
  2. Peningkatan tanggung jawab sosial dari FHUB
  3. Peningkatan pemerataan kesempatan mendapatkan pendidikan tinggi bagi masyarakat
  4. Peningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan tinggi hukum yang berstandar internasional
  5. Peningkatan kesejahteraan dosen dan staf administrtatif FHUB
  6. Peningkatan pengawasan kinerja dosen dan staf administratif FHUB

Rencana program tersebut di atas dirinci dalam bentuk kegiatan sebagai berikut:

a. Peningkatan daya tampung FHUB dalam pemenuhan Angka Partisipasi Kasar (APK) berdasarkan kebutuhan masyarakat

  1. Penambahan sarana dan prasarana penyelenggaraan pendidikan
  2. Penambahan kelas kerjasama/cabang

b. Peningkatan pemerataan kesempatan mendapatkan pendidikan tinggi bagi masyarakat, melalui pemberian beasiswa kepada peserta didik yang memiliki kemampuan akademik tinggi dari kalangan ekonomi lemah

c. Peningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan tinggi hukum yang berstandar internasional

  1. Penyesuaian kurikulum dan PBM yang berstandar internasional
  2. Penyediaan sarana kelas, perpustakaan dan sumber daya manusia (dosen dan staf administrasi) yang berstandar internasional
  3. Perluasan akses dan peningkatan penyelenggaraan lecturer and student exchange

d. Peningkatan kesejahteraan dosen dan staf administratif FHUB

  1. Pengembangan asuransi dosen dan staf administif FHUB
  2. Pengembangan UBSP (Usaha Bersama Simpan Pinjam) FHUB
  3. Pengembangan tabungan kepemilikan rumah
  4. Peningkatan insentif bagi dosen dan staf administratif yang berprestasi

e. Peningkatan pengawasan kinerja dosen dan staf administratif FHUB

  1. Peningkatan tingkat kehadiran dosen dan staf administratif
  2. Peningkatan sosialisasi peraturan tentang disiplin pegawai
  3. Peningkatan audit internal kinerja dosen dan staf administratif
  4. Pembentukan kode etik dosen dan staf administratif

Program Kerja

No Program Kerja
1. Penyusunan Rencana Strategis 2012 – 2017
  • Menyusun Rencana Strategis 2012 – 2017 melalui proses evaluasi dan pembahasan yang mendalam dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan.
2. Kurikulum
  • Melakukan proses aktualisasi kurikulum, yaitu melakukan review dan penyempurnaan kurikulum di semua program studi agar tidak ketinggalan dengan perkembangan norma dan praktik hukum, serta memenuhi standar internasional tidak hanya dari sisi substansi tetapi juga meliputi aspek beban perkuliahan dan bentuk pembelajaran.
  • Singkronisasi antara kurikulum program sarjana dan pasca sarjana sehingga tidak tumpang tindih, tetapi berkesinambungan. Selain itu juga akan ditentukan kualifikasi tenaga pengajar mata kuliah dimaksud. Semua dokumen kurikulum akan menjadi bagian dari buku pedoman sehingga semua pihak bisa mengontrol pelaksanaan dan memberikan masukan untuk penyempurnaan lebih lanjut.
3. Peningkatan Kualitas Penelitian dan Penerbitan Ilmiah
  • Memperbesar jumlah dana yang dialokasikan untuk penelitian dosen dengan melibatkan mahasiswa.
  • Penentuan tema-tema penelitian tertentu yang merefleksikan kekuatan dan spesifikasi FH UB. Hal ini sangat diperlukan sebagai modal dasar untuk menjalin kerjasama penelitian dengan institusi lain.Untuk mewadahi hasil-hasil penelitian yang berkualitas, pengelolaan Jurnal Arena Hukum akan menjadi salah satu prioritas. Ditargetkan dalam 4 (empat) tahun kedepan Jurnal Arena Hukum harus mendapat akreditasi minimal B. Untuk mencapai target tersebut akan diberikan dukungan SDM, organisasi, dan pendanaan.
4. Pengembangan SDM
  • Meningkatkan penyelenggaraan forum ilmiah dan mengirim dosen untuk mengikuti forum ilmiah yang diselenggarakan institusi lain.
  • Untuk memenuhi kebutuhan jumlah tenaga pengajar, pengadaan dosen luar biasa akan tetap dilakukan dengan memperketat kualifikasi yang disyaratkan.
  • Selain itu secara bertahap akan dilakukan penambahan jumlah dosen tetap.Peningkatan kemampuan SDM tenaga administrasi diperlukan terutama untuk mewujudkan good faculty governance. Beberapa aspek yang perlu ditingkatkan adalah budaya dan motivasi kerja, perubahan sikap (attitude) dalam memberikan layanan, serta ketrampilan. Sesuai dengan perkembangan teknologi, dalam waktu 4 (empat) tahun yang akan datang semua tenaga administrasi harus memiliki kemampuan mengoperasikan komputer (computer literacy), terutama untuk program pengolah kata (word processor) dan pengolah data. Penambahan tenaga administrasi juga akan dilakukan dengan mensyaratkan ketrampilan manajerial dan administratif.
5. Penataan Organisasi
  • Penataan organisasi dilakukan dengan mengevaluasi kinerja organ dan unit kerja selama ini, baik untuk organisasi pelaksana akademik, penunjang akademik, maupun organisasi pelaksana tugas administrasi.
6. Pembentukan Sistem Informasi
  • Pembentukan sistem data base agar data maupun informasi untuk keperluan pengambilan keputusan, akreditasi, maupun audit dapat dengan mudah dan cepat dilakukan.
  • Sistem informasi akan dibangun berbasis jaringan komputer baik intranet maupun internet yang bisa memenuhi semua kebutuhan, eksternal maupun internal.
  • Sistem informasi akan mewadahi semua data baik terkait dengan akademik, kemahasiswaan, kepegawaian, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, karya ilmiah, maupun alumni.
  • Pembentukan sistem informasi ini juga akan meliputi pengembangan laman FH UB agar dapat dimanfaatkan secara maksimal dalam memberikan informasi kepada pemangku kepentingan dan masyarakat umum.
  • PDIH akan dikembangkan lebih lanjut dengan meningkatkan kinerja dan pelayanan serta memperbaiki sistem perpustakaan agar mencerminkan sebagai perpustakaan yang modern.
7. Pengembangan Sistem Penjaminan Mutu
  • Pengembangan Sistem Penjaminan Mutu akan dilakukan pertama-tama dengan meningkatkan pengetahuan dan awareness baik tenaga pengajar, tenaga administrasi, maupun mahasiswa. Keberadaan GJM dan UJM sebagai organisasi terpisah akan dievaluasi efektivitasnya.
  • Akan dijalin kerja sama dengan PJM Universitas Brawijaya untuk mengefektifkan pelaksanaan sistem penjaminan mutu.
8. Peningkatan Sarana dan Prasarana
  • Menambah ruang kuliah melalui renovasi gedung Pascasarjana dan Renovasi Gedung Kuliah B agar memenuhi syarat kenyamanan.
  • Menekan perbaikan instalasi komputer dan sound system di setiap ruang kuliah yang diikuti dengan perbaikan kerusakan yang terjadi.
  • Setiap komputer di ruang kuliah akan terhubung dengan internet sehingga pembelajaran secara online dapat dilakukan.
  • Untuk memelihara peralatan ini akan dibuat sistem dan manual prosedur yang mampu mencegah kerusakan baik hardware maupun software.
9. Peningkatan Kerja Sama
  • Kerjasama dengan lembaga dan institusi lain, baik dalam maupun luar negara, akan ditingkatkan dan didorong pelaksanaannya.
  • Dukungan dana pendamping dan kesiapan substansi serta sumberdaya yang bertanggungjawab dalam mengoordinasikan dan melaksanakan setiap kerjasama.