banner-inside-10

Kerjasama

Kerjasama dan Kemitraan

Sebagai salah satu upaya Fakultas Hukum Universitas Brawijaya mewujudkan visinya, yaitu “Menjadi Fakultas Hukum unggul yang berstandar Internasional untuk menghasilkan lulusan berkemampuan akademis, profesional, humanis, etis dan religious”, maka diperlukan kegiatan untuk memperkaya wawasan bagi seluruh sivitas akademika tentang bagaimana proses pendidikan, sebagai core business bagi Fakultas Hukum Universitas Brawijaya, yang digunakan di universitas di luar negeri sebagai bahan perbandingan yang relevan. Selain daripada itu, kerjasama-kerjasama dalam rangka menunjang Tri Darma Perguruan Tinggi dengan universitas di luar negeri sudah harus dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan fakultas hukum yang bersatandar internasional. Upaya peningkatan wawasan terhadap proses pendidikan yang diterapkan di universitas luar negeri tersebut dapat dilakukan dengan berbagai macam kegiatan diantaranya adalah doublé degree, international class program, visiting lecturers, student and lecturer exchange, research fellow, joint researchs dan kursus singkat (short course) bagi dosen dan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Brawijaya. Melalui kegiatan dalam bentuk pelatihan dan diskusi serta mengikuti perkulihan yang sedang dilaksanakan dosen dan mahasiswa selain mendapatkan peningkatan dalam kemampuan berbahasa Inggris, mereka juga dapat melakukan pengamatan pengkajian terhadap proses pendidikan yang berlangsung. Kegiatan-kegiatan tersebut didasarkan pada kemampuan sumber daya yang dimiliki oleh Fakultas Hukum Universitas Brawijaya, baik dalam hal sumber daya manusia dan fasilitas maupun pendanaan. Sampai saat ini, Fakultas Hukum telah terus mengembangkan kualifikasi pendidikan dengan meningkatkan kerjasama jaringan dan kemitraan dengan lembaga pemerintah, dan universitas baik di tingkat nasional dan internasional, termasuk:

Leipzig Universitas Leipzig, Jerman
utrecht Universitas Utrecht, Belanda
Leiden Universitas Leiden, Belanda
Wollongong University of Wollongong, Australia
International Islamic International Islamic University, Malaysia
Universitas Sydney Australia
kebangsaan Universitas Kebangsaan Malaysia


Universitas Leipzig, Jerman:
Summer School dan Pertukaran Internasional untuk Mahasiswa

Kesepakatan kerja sama akademis telah ditandatangani pada 18 Juni 2010 oleh kedua Rektor Universitas Leipzig dan Universitas Brawijaya sebagai dasar untuk kegiatan penunjang lebih lanjut dalam mengembangkan setiap institusi dan juga sebagai bagian dari realisasi MoU. Realisasi perjanjian akademik (Pasal-I) akan mencakup kegiatan berikut seperti:

  • pertukaran mahasiswa, staf pengajar dan staf;
  • mengorganisir kuliah bersama dan seminar;
  • mengorganisir proyek-proyek penelitian bersama;

Pada tahun ini, sebagai upaya untuk memperkuat dan memperdalam masa depan kerja sama akademik, program Law and Culture 2018 akan diselenggarakan pada bulan September hingga Oktober 2018 di Fakultas Hukum Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Jakarta, dan  Universität Leipzig Germany dengan tema “LAW-PUNISHMENT-RESOCIALISATION”.

Mahasiswa yang terpilih dari setiap universitas akan mengikuti perkuliahan, kunjungan dan workshop. Pada akhir program, mereka  diharapkan berpartisipasi pada sesi moot-court sebagai representasi dari hasil apa saja yang telah mereka peroleh selama mengikuti program ini di Indonesia dan Jerman.

Universitas Utrecht, Belanda: Guest Lecture dan International Conference

Pada tahun 2012, sebagai upaya untuk memperkuat dan memperdalam masa depan kerja sama akademik, program awal telah dilakukan melalui kuliah tamu internasional yang disampaikan oleh Dr. Tineke Lambooy (Utrecht University) pada tanggal 5 April 2012 di Fakultas Hukum, Universitas Brawijaya dengan topik “Corruption and Corporate Social Responsibility.” Sebagai kelanjutan dari kerjasama tersebut, maka di tahun 2013 diselenggarakan International Conference yang diselenggarakan bersama antara Universitas Brawijaya dan Utrecht University yang bertema: “Corporate Social Responsibility and Sustainable Development” pada tanggal 9-11 April 2013 bertempat di Gedung A Fakultas Hukum Universitas Brawijaya, Malang.

University of Wollongong, Australia: Summer Course for Students and Lectures

Pada tahun 2012, telah diselenggarakan kegiatan “Summer Course” yang diikuti oleh mahasiswa dan dosen yang dilaksanakan selama 2 minggu di Faculty of Law, University of Wollongong, Australia. Adapun yang menjadi tujuan diadakannya kegiatan ini adalah:

  1. Short Course for Students Mahasiswa akan mendapatkan materi kursus tentang teknik penulisan ilmiah dalam bahasa Inggris, yang diberikan melalui cermah dan diskusi di kelas, serta melalui penelusuran bahan pustaka (library research) di perpustakaan.
  2. Short Course for Lectures Dosen akan mengikuti kegiatan perkuliahan terhadap mata kuliah tertentu yang sedang berlangsung (sit in) sesuai dengan bidang keilmuan dosen yang bersangkutan dan penelusuran bahan pustaka (library research) di perpustakaan. Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk mengembangkan kompetensi akademik dari masing-masing peserta.

Universitas Kebangsaan Malaysia: International Seminar

Sebagai upaya untuk melakukan sharing of knowledge yang bertujuan menghasilkan suatu kajian analisis terhadap persaingan usaha tidak sehat di dunia maya, maka Fakultas Hukum Universitas Brawijaya mengadakan kegiatan International Seminar bekerja sama dengan Faculty of Law, University Kebangsaan Malaysia yang bertema “UNFAIR COMPETITION IN CYBER SPACE: COMPARATIVE PERSPECTIVES FROM INDONESIA AND MALAYSIA.” Adapun yang menjadi pembicara dalam seminar tersebut adalah:

  1. Dr. Sukarmi, SH.,M.Hum: Unfair Competition in Cyber Space
  2. Prof. Madya. Dr. Safinaz Mohd. Hussein: Unfair Competition in Malaysia
  3. Dr. Bambang Winarno SH. MS: Unfair Competition in Indonesia
  4. Prof. Madya. Dr. Nazura Abdul Manap : Dispute Resolution in Cyber Law