banner-inside-25

Penelitian dan Pengabdian

Penelitian

Penelitian merupakan salah satu kegiatan utama dalam konsep Tri Dharma Perguruan Tinggi. Fakultas Hukum menempatkan penelitian sebagai poin penting dalam struktur organisasinya yaitu dalam wadah BPPM (Badan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat). Setiap tahunnya, Fakultas Hukum melalui BPPM memberikan kesempatan kepada seluruh dosen baik dosen tetap PNS maupun dosen tetap non PNS untuk melakukan penelitian melalui DPP/SPP dengan pendanaan yang diambil dari anggaran rutin Fakultas Hukum terhadap 20 usulan penelitian. Selain penelitian DPP/ SPP, Fakultas Hukum menawarkan 2 (dua) jenis penelitian baru, yaitu Penelitian Kompetisi Bagian dan Joint Research.

Penelitian Kompetisi Bagian adalah penelitian yang diadakan atau dikompetisikan pada masing-masing bagian yang terdapat di Fakultas Hukum, yaitu Hukum Perdata, Hukum Pidana, Hukum Internasional, Hukum Administrasi Negara dan Hukum Tata Negara, ditambah satu lagi Laboratorium Hukum yang membawahi mata kuliah-mata kuliah umum.

Dalam Joint Research yang merupakan penelitian yang dilakukan dengan mengikutsertakan partner peneliti dari universitas luar negeri dimana Fakultas Hukum sudah memiliki MoU, usulan penelitian yang didanai adalah 1 (satu) usulan penelitian.

Selain penelitian yang didanai oleh Fakultas Hukum sendiri, dosen Fakultas Hukum Universitas Brawijaya baik secara mandiri maupun kelompok melalui Pusat Pengembangan-Pusat Pengembangan yang ada di Fakultas juga melakukan penelitian yang didanai oleh pihak lain, seperti dari Dikti melalui LPPM atau dari pihak-pihak lain seperti Pemprov dan Lembaga Swadaya Masyarakat, dan dari I-MHERE.

Pengabdian

Tri Dharma Perguruan Tinggi yang ketiga adalah Pengabdian kepada Masyarakat. Civitas Akademica Fakultas Hukum Universitas Brawijaya turut berperan aktif dalam kegiatan pengabdian masyarakat. Unit dibawah Fakultas yang menjadi koordinator dalam hal pengabdian masyarakat adalah Biro Konsultasi dan Bantuan Hukum (BKBH)  Fakultas Hukum Universitas Brawijaya, yang dalam pelaksanan pengabdian masyarakat dibantu oleh semua civitas akademika di Fakultas Hukum Universitas Brawijaya, termasuk lembaga-lembaga pusat pengembangan hukum yang juga memiliki program kerja  pengabdian kepada masyarakat. Bentuk Pengabdian yang selama ini dilakukan antara lain :
•     Penyuluhan hukum
•     Pemberian bantuan ahli
•     Pemberian Konsultasi Hukum
•     Pelaksanaan Gelar Perkara dengan membuat Legal Opini
•     Pendampingan Hukum
•     Pembuatan Naskah Akademik dan Rancangan Perundang-undangan