Salam satu jiwa, Brawijaya juara. Jargon tersebut menggema berulang kali di ruang sidang utama lt. 3 Gedung Prof. Mr. H. Mohammad Yamin, Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (FH UII) Yogyakarta. Hal tersebut tak lain karena delegasi FH UB berhasil menyabet 3 gelar sekaligus dalam ajang Eksebisi dan Pekan Kreatifitas Seni (EKSPEKTASI) FH UII. Agenda yang diselenggarakan oleh Lembaga Eksekutif Mahasiswa (LEM) FH UII tersebut merupakan serangkaian acara yang digelar bertepatan dengan milad ke-70 FH UII.
Gelar pertama dipersembahkan oleh tim LKTI 3 UB dengan judul Urgensitas Yudisial Review oleh Mahkamah Konstitusi sebagai Upaya Mewujudkan Negara Hukum yang Berkeadilan. Terdiri dari 3 orang personil, yaitu Tegar Wira Pambudi, Achmad Aprianto dan Andryan Arif, mereka berhasil meraih juara 1 kategori LKTI. Gelar kedua dipersembahkan oleh Airin Liemanto dkk yang mengambil judul Pengadilan Pemilu : Konsolidasi Demokrasi Menuju Penegakan Hukum Pemilu yang Terintegrasi. Kali ini mereka berhasil meraih juara harapan 1. Secara keseluruhan, tim LKTI FH UB yang didampingi oleh Dr. Jazim Hamidi, SH., MH., ini berhasil meraih 2 dari 4 gelar yang diperebutkan.
Gelar selanjutnya dipersembahkan oleh tim debat, setelah di final mereka berhasil mengalahkan tim debat dari Universitas Indonesia. Dengan mosi Pembentukan Lembaga Ombudsman Daerah, tim debat FH UB berhasil mengalahkan tim debat UI dengan skor 3-2. Secara keseluruhan, tim debat yang dimotori oleh Sholahuddin Al-Fatih, Indra Mahawijaya dan Cyndiarnis CP tak terkalahkan selama pertandingan. Mereka berhasil mengalahkan tim debat dari Universitas Islam Kadiri (skor 3-0), Universitas Islam Indonesia-swing team (skor 3-0), Universitas Muhammadiyah Surakarta (skor 2-1) dan Universitas Diponegoro (skor 3-2). Perjalanan panjang tersebut akhirnya mengantarkan tim debat yang dibimbing oleh Alfons Zakaria, SH., LLM ini meraih juara 1.
Alhasil, secara keseluruhan delegasi FH UB berhasil membawa pulang 3 trophy di dua kategori berbeda. Tak hanya itu saja, mereka juga berhasil mengharumkan nama besar Universitas Brawijaya di tingkat nasional. Salam satu jiwa, Brawijaya juara. (alfa17)