Pedoman Akademik

Pengertian Sistem Kredit Semester (SKS)

Berdasarkan Pasal 87 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan penyelenggaraan pendidikan tinggi dilakukan dengan menggunakan Sistem Kredit Semester. Penerapan Sistem Kredit Semester di lingkungan Universitas Brawijaya telah dilakukan sejak tahun 1976 berdasarkan Keputusan Rektor Nomor 22/SK/1976 dan Keputusan Rektor Nomor 111/SK/1996 tentang Kurikulum di Lingkungan Universitas Brawijaya. Sistem Kredit Semester (SKS) adalah suatu sistem kredit yang diselenggarakan dalam satuan waktu semester. Satuan kredit semester (sks) adalah satuan yang digunakan untuk menyatakan besarnya beban studi mahasiswa dalam suatu semester serta besarnya pengakuan keberhasilan usaha mahasiswa serta besarnya usaha untuk penyelenggaraan program pendidikan di Perguruan Tinggi khususnya bagi dosen. Setiap matakuliah atau kegiatan akademik lainnya disajikan pada setiap semester dengan ditetapkan harga satuan kredit semesternya yang menyatakan bobot kegiatan dalam matakuliah tersebut.

Tujuan Sistem Kredit Semester

Secara umum SKS mempunyai tujuan Agar Perguruan Tinggi dapat lebih memenuhi tuntutan pembangunan, perlu disajikan program pendidikan yang bervariasi dan fleksibel. Dengan cara tersebut akan memberi kemungkinan lebih luas kepada setiap mahasiswa untuk menentukan dan mengatur kurikulum dan strategi proses belajar mengajarnya agar diperoleh hasil yang sebaik-baiknya sesuai dengan rencana dan kondisi masing-masing peserta didik.

Nilai Kredit dan Beban Studi

Nilai Kredit Semester Untuk Perkuliahan adalah nilai satu satuan kredit semester ditentukan berdasarkan beban kegiatan yang meliputi keseluruhan kegiatan per minggu.

Beban Studi Dalam Semester adalah Beban studi mahasiswa dalam satu semester ditentukan atas dasar rata-rata waktu kerja sehari dan kemampuan individu. Pada umumnya orang bekerja rata-rata 6 (enam) sampai 8 (delapan) jam selama 6 (enam) hari berturut-turut. Seorang mahasiswa dituntut bekerja lebih lama sebab tidak saja ia bekerja pada siang hari tetapi juga pada malam hari. Kalau dianggap seorang mahasiswa normal bekerja rata-rata siang hari 6 (enam) sampai 8 (delapan) jam dan malam hari 2 (dua) jam selama 6 (enam) hari berturut-turut, maka seorang mahasiswa diperkirakan memiliki waktu belajar sejumlah 8 (delapan) sampai 10 (sepuluh) jam sehari atau 48 (empat puluh delapan) sampai 60 (enam puluh) jam seminggu. Oleh karena satu satuan kredit semester kira-kira setara dengan 3 (tiga) jam kerja, maka beban studi mahasiswa untuk tiap semester akan sama dengan 16 (enam belas) sampai 20 (dua puluh) sks atau sekitar 18 (delapan belas) sks. Dalam menentukan beban studi satu semester, perlu diperhatikan kemampuan individu berdasarkan hasil studi seorang mahasiswa pada semester sebelumnya yang diukur dengan parameter indeks prestasi.

Syarat-syarat Pengajuan Tugas Akhir

Seorang mahasiswa diperkenankan mengajukan tugas akhir bilamana memenuhi syarat-syarat kumulatif sebagai berikut:

  • Terdaftar sebagai mahasiswa pada tahun akademis yang bersangkutan,
  • Mengumpulkan sekurang-kurangnya 120 SKS, tanpa nilai E,
  • Lulus mata kuliah Metode Penelitian dan Penulisan Hukum,
  • Telah menyusun Proposal Tugas Akhir.

Syarat-Syarat Menempuh Ujian Tugas Akhir

Seorang mahasiswa diperkenankan menempuh Ujian Tugas Akhir bilamana memenuhi syarat-syarat kumulatif sebagai berikut:

  • Terdaftar sebagai mahasiswa pada tahun akademik yang bersangkutan.
  • Tidak sedang memrogramkan mata kuliah dalam KRS di semester yang bersangkutan.
  • Mengumpulkan sekurang-kurangnya 138 sks.
  • IP Kumulatif sekurang-kurangnya 2,00.
  • Tidak ada nilai akhir E.
  • Nilai D/D+ tidak melebihi 10 % dari beban kredit total.
  • Menyelesaikan skripsi dengan bukti lembar persetujuan dari dosen pembimbing.
  • Menyerahkan artikel ilmiah yang dibuat dari skripsi yang disusun. Artikel disusun sesuai dengan pedoman penulisan dan disetujui dosen pembimbing bersamaan dengan persetujuan ujian skripsi. Artikel ilmiah dilampirkan dalam naskah skripsi yang akan diujikan.
  • Memenuhi syarat-syarat lain yang ditentukan fakultas.